• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Satgas Pamtas RI-PNG Gagalkan Penyelundupan Satu Ton Kulit Kayu Masohi Ilegal

14 September
14:15 2018
0 Votes (0)

KBRN, Jayapura : Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Yonif 121/Macan Kumbang berhasil menggagalkan penyelundupan satu ton kulit kayu masohi ilegal di kawasan perbatasan RI-PNG, Kamis (13/9/2018).

Dalam kasus itu, sebanyak empat oknum warga yakni, RRA (21) pengemudi mobil, dua orang penumpang yakni C (25) dan D (30), serta AT (45) selaku pemilik kulit kayu masohi yang diamankan aparat.

Kasus ini terungkap dari kegiatan sweeping yang dilakukan anggota Pamtas di depan Pos pengamanan TNI di KM 76, Kabupaten Keerom. Dalam pemeriksaan terhadap mobil yang dicurigai, aparat menemukan sekitar satu ton kulit kayu masohi yang dikemas didalam 23 karung.

Komandan Satgas Yonif 121/MK Letkol Imir Faishal saat dikonfirmasi dari Jayapura, Jumat (14/9/2018) mengatakan, kulit kayu masohi itu diamankan karena tak dilengkapi dengan dokumen resmi.

"Barang bukti ini merupakan milik seorang warga Distrik Waris, Kabupaten Keerom, berinisial AT. Dari pengakuannya, Kulit kayu masohi ini dibeli di Papua Nugini dan akan dibawa ke Arso 2 untuk dijual disana," teragnya.

Faishal menambahkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait yakni Kepolisian, Balai Karantina, dan pihak Beca Cukai untuk penanganan kasus ini.

"Dalam enam bulan terakhir, kami sudah tiga kali menggagalkan penyelundupan kulit kayu masohi di kawasan perbatasan RI-PNG. Oleh sebab itu, kami akan selalu memonitor peredaran barang ilegal yang dibawa masuk ke Indonesia oleh oknum tak bertanggung jawab," tegasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00