• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Ketua KPU Ingatkan Kepala Daerah Tidak Jadi Ketua Tim Kampanye Capres

13 September
20:45 2018
0 Votes (0)

KBRN, Ambon : Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Samsul Rivan Kubangun secara tegas melarang kepala daerah dan wakil kepala daerah, menjadi ketua tim kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Samsul mengatakan, dalam PKPU No.28 tahun 2018 tentang kampanye pemilihan umum, sudah dijelaskan, baik gubernur maupun wakil gubernur serta bupati, walikota beserta wakilnya tidak boleh menjadi ketua tim pemenangan.

"Sebagai pejabat negara kepala daerah beserta wakilnya bertugas sebagai penyelenggara pemerintahan. Bilamana mereka ingin berkampanye untuk calon presiden, harus mengajukan ijin tiga hari sebelum hari H," jelasnya

Semisal gubernur yang menduduki jabatan struktural partai ingin berkampanye untuk calon presiden yang diusung partainya, harus mendapat ijin mentri dalam negeri. 

"Ya kalau gubernur mau kampanye tetap harus ajukan cuti dan sudah mendapat ijin dari mentri terkait," urainya 

Sampai saat ini belum ada kepastian ketua tim pemenangan pasangan presiden dan wakil presiden Jokowi-Ma'ruf maupun Prabowo-Sandi di Maluku. Gubernur Maluku terpilih Murad Ismail yang disebut-sebut telah ditetapkan sebagai ketua tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf di Maluku pun menyebutkan dirinya belum ditunjuk resmi serta menerima SK apapun dari Partai Koalisi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00