• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Lingkungan Hidup

Ubah Sampah Jadi Aspal, Pemerintah Siapkan Seribu Alat Mesin Pencacah Plastik

13 September
13:37 2018
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Sampah plastik khususnya kantong plastik masih mendominasi jumlah sampah di Indonesia. Padahal sampah jenis plastik susah diurai sehingga berkontribusi besar pada meningkatnya jumlah sampah. Kini, pemerintah berencana mengubah sampah plastik menjadi salah satu bahan baku aspal jalan. Harapannya, sampah plastik dapat dikurangi.

Untuk merealisasikan program tersebut, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Bakitbang PU menyiapkan sedikitnya seribu alat pencacah plastik. "Dengan alat pencacah itu, sampah plastik bisa diolah untuk dijadikan aspal plastik. Kualitas aspal lebih baik jika dicampur olahan sampah kantong plastik," kata Direktur Jenderal Cipta Karya, Danis Sumardilaga di sela Jambore Indonesia Bersih Sampah di Kota Malang, Kamis (13/9/2018).

Menurutnya, mesin pencacah itu akan dibagikan pada masyarakat di seluruh Indonesia. Sehingga sampah-sampah plastik dari masyarakat dapat dibeli dalam bentuk siap diolah. "Dengan adanya program ini, isu permasalah sampah plastik mudah-mudahan dapat dikurangi. Yang sebelumnya tidak bermanfaat, maka kita manfaatkan," tuturnya.

Selain mesin pencacah plastik ini, Kementrian PUPR juga mengupayakan program waste to energy atau mengubah sampah menjadi energi listrik. Harapannya, program-program itu bisa menjadi solusi permasalahan sampah di Indonesia. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00