• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Lingkungan Hidup

Pemerintah Dorong Realisasi Program Energi dari Sampah

13 September
12:27 2018
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Program untuk mengubah sampah menjadi energi dinilai sebagai salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan sampah di Indonesia. Kini pemerintah gencar untuk merealisasikan program 'Waste to Energy'.

Direktur Jenderal Cipta Karya, Danis Sumardilaga mengungkapkan, untuk merealisasikan program 'Waste to Energy', Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menunjuk 12 kabupaten/kota di Indonesia sebagai pilot project. 

"Kebijakan waste to energy sudah konkrit dilakukan di 12 daerah. Nantinya, di daerah yang ditunjuk itu, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) harus mampu memproses sampahnya menjadi energi," kata Danis saat ditemui di sela Jambore Indonesia Bersih dan Bebas Sampah di Kota Malang, Kamis (13/9/2018).

Ia mencontohkan, program Waste to Energy saat ini sudah dirancang di TPA Suwung Denpasar. Pengeloaan sampah di TPA tersebut kini disiapkan selain sebagai tempat pembuangan sampah, juga pengelolaan sampah.

"Saat ini sedang dipersiapkan tender untuk memproses sampah menjadi enegri listrik. Jika sudah tender, maka prngelolaannya di bawah wewenang Kementrian ESDM," ungkapnya.

Jika program itu berhasil diterapkan di daerah yang menjadi pilot project, maka TPA tersebut akan menjadi replikasi dan percontohan untuk daerah lain di Indonesia. "Saat inu sedang dipersiapkan, target operasionalnya kemungkinan pada tahun 2019 atau 2020," tandas Danis. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00