• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kilas Bola

Indonesia Kalahkan Mauritius 1-0 dalam Laga Persahabatan di Stadion Wibawa Mukti Cikarang

11 September
22:16 2018
0 Votes (0)

KBRN, Bekasi : Tim Nasional Indonesia berhasil mengalahkan tamunya Mauritius dalam laga Persahabatan Internasional yang dilangsung di Stadion Wibawa Mukti Cikarang Kabupaten Bekasi Jawa Barat, Selasa (11/9/2018) sore.

Indonesia yang menguasai jalannya pertandingan sejak babak pertama, baru bisa memecah kebuntuan pada menit 89 babak kedua. Adalah Evan Dimas Darmono, yang mencetak satu-satunya gol bagi Tim Nasional Indonesia.

Pemain yang kini memperkuat Selangor FA di Liga Malaysia tersebut, melepaskan tendangan datar ke sisi kanan gawang Mauritius.  Evan Dimas memanfaatkan bola rebound tendangan Dedik Setiawan, yang sebelumnya di blok kiper Mauritius, Jean Louis Kevin.

Hingga wasit Tojo Minoru meniupkan peluit panjang tanda pertandingan selesai, skor tidak berubah Indonesia menang 1-0 atas Mauritius.

Asisten Pelatih Tim Nasional Indonesia Kurniawan Dwi Yulianto mengapresiasi permainan anak asuhnya pada pertandingan kali ini. Menurut dia, anak-anak Garuda bermain cukup tenang meladeni permainan bertahan dari tim Mauritius.

Seluruh taktik dan strategi yang dirancang sebelum pertandingan lanjut Kurniawan, mampu dijalankan Boas Salossa dan kawan-kawan, dengan cukup baik.

“Anak-anak bermain sabar selama 90 menit. Untuk membongkar pertahanan rapat (Mauritius) tidaklah gampang. Kalau tidak sabar, pasti anak-anak melakukan banyak long pass dan cepat melakukan kesalahan. Tapi, tadi semua pemain sudah menjalankan instruksi dalam menghadapi permainan contact defense,” ujar Kurniawan, yang punya julukan si Kurus tersebut, Selasa (11/9/2018).

 “Untuk Mauritius, saya ucapkan terimakasih. Karena mereka melakukan permainan bertahan yang bagus. Tentu ini akan menjadi pelajaran berharga buat timnas jelang persiapan Piala AFF,” tambah Legenda Timnas Indonesia tersebut, usai pertandingan.

Evan Dimas Darmono, yang dalam pertandingan ini mencetak satu gol mengaku cukup senang, bisa membuat timnya memenangkan pertandingan.

“Sebagai pemain, saya tidak akan berpuas diri dahulu. Karena ini masih ujicoba. Dan, AFF sudah dekat, jadi kita harus bermain lebih baik lagi di pertandingan selanjutnya. Semoga nanti di AFF (bulan November 2018), kita mendaptkan hasil yang maksimal,” kata pemain asal Surabaya tersebut.

Sementara itu, Pelatih Mauritius Fransisco Filho Joaquim, mengatakan Indonesia layak menang karena bermain lebih bagus. Sebenarnya menurut dia, Mauritius mampu mengimbangi permainan Indonesia.

“Tapi di menit-menit akhir para pemain belakang, melakukan kesalahan yang akhirnya berbuah gol. Saya memberikan apresiasi, karena Indonesia memainkan sepakbola modern pada pertandingan kali ini,” ujarnya.

Indonesia pada pertandingan ini tidak di dampingi Pelatih Kepala Luis Milla. Pelatih asal Spanyol tersebut masih melakukan negosiasi perpanjangan kontrak dengan PSSI.

Dipinggir lapangan anak-anak Garuda di dampingin Asisten Pelatih Kurniawan Dwi Yulianto, Pelatih Kiper Kurnia Sandi dan Direktur Teknik PSSI Danurwindo.

Pertandingan antara Indonesia menjamu Mauritius di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, disaksikan 12.621 penonton. Pada pertandingan yang juga menjadi ajang seleksi jelang AFF 2018, Indonesia menggunakan jersey merah-merah dengan desain baru. Sedangkan tamunya Mauritius menggunakan jersey putih-putih. 

  • Tentang Penulis

    Erik Hamzah, SH

    Jurnalis Radio Republik Indonesia (RRI). Kini tinggal di Bekasi, Jawa Barat, Indonesia. email : erik.hamzah@gmail.com

  • Tentang Editor

    Waddi Armi

    Redaktur Puspem 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00