• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

MK Putuskan PSU untuk Pilkada Sampang

6 September
12:51 2018
0 Votes (0)

KBRN, Sampang : Sengketa atas hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Kabupaten Sampang yang bergulir di Mahkamah Konstitusi (MK) akhirnya ada kejelasan.

Dalam amar putusan pada 5 September 2018, MK menyatakan hasil rekapitulasi suara Pilbup Kabupaten Sampang tidak sah dan harus dilakukan pemungutan suara ulang (PSU).

Ketua KPU Kabupaten Sampang Syamsul Muarif mengatakan, pihaknya sudah menerima salinan putusan tersebut. Batas waktu pelaksanaan PSU ialah 60 hari setelah keluarnya amar putusan MK.

“KPU sendiri masih akan melakukan pembahasan lebih lanjut, termasuk didalamnya langkah perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) seperti yang diperintahkan,” katanya, Kamis (06/8/2018).

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Sampang Insiatun menyatakan, putusan PSU oleh MK harus dilaksanakan. Dalam hal ini pihaknya harus meningkatkan pengawasan khususnya dalam pemutahiran data pemilih.

“Dalam  hal pengawasan masyarakat juga terlibat aktif, karena semua ingin Pilbup Kabupaten Sampang berjalan aman, lancar dan kondusif,” jelasnya

Putusan MK itu berkaitan dengan gugatan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sampang nomor urut 2, Hermanto Subaidi-Suparto atas hasil rekapitulasi suara.

Pasangan ini menggugat selisih kekalahan 0,66 persen dari pasangan nomor urut 1 Junaidi-Abdullah dengan menyertakan bukti-bukti dugaan kecurangan dalam proses pencoblosan dan penghitungan suara.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00