• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Catat Rekor ORI, Perkumpulan Chef Profesional Indonesia Jabar Buat Siomay Raksasa

1 September
15:44 2018
2 Votes (5)

KBRN, Bandung: Original Rekor Indonesia (ORI) mencatat rekor Siomay dan Samosa terbesar yang dibuat  Perkumpulan Chef Profesional Indonesia (PCPI) DPD Jabar, Sabtu (1/9/2018).

Siomay yang dibuat sekitar 50 orang Chef itu, mempunyai berat 150 kg dengan diameter 80 cm dan tinggi 1 meter. Sedangkan Samosa yang di buat, panjang sekitar 1 meter dan lebar 80 cm.

Presiden ORI Agung  Elvianto mengatakan, Siomay yang merupakan kuliner khas kota Bandung itu merupakan terbesar di Indonesia dan baru pertama kali di buat. Sedangkan Samosa makanan khas India itu mendekati rekor dunia yang dibuat di London Inggris. 

"Siomay ini merupakan terbesar yang pernah di buat. Untuk Samosa, selain mendekati rekor dunia yang diciptakan di London, makanan khas India ini juga dipadukan dengan racikan khas Indonesia," ungkapnya di sela pemberian rekor ORI di Bandung.

Agung juga menambahkan, selain menganugrahkan rekor Siomay dan Samosa terbesar, juga mengkoloborasikan seni budaya serta pelantikan duta ORI.

"Untuk membuat Siomay terbesar ini cukup sulit. Terbukti sudah 2 kali di kerjakan, yang satu pecah, gagal karena terlalu besar," jelasnya.

Ia juga mengungkapkan, proses pembuatan Siomay dan Samosa raksasa itu juga harus higienis dan dapat di makan.

"Salah satu syaratnya harus higienis dan harus bisa di makan. Jangan nanti dimakan, orang keracunan," imbuhnya.

Sementara itu Ketua DPD PCPI Jawa Barat Eko Suwanto mengatakan, pembuatan Siomay dan Samosa terbesar itu juga dalam rangka menyambut ulang tahun kota Bandung. Pembuatannya sendiri.menurut Eko cukup sulit. Somay raksasa itu di kerjakan oleh 50 orang Chef, dan menghabiskan 20 kg ikan tenggiri dan tepung 120 kg.

"Kesulitannya dalam membentuk dan memasaknya. Hampir 8 jam prosesnya dan dikerjakan hampir 50 orang," jelasnya.

Eko juga mengatakan, pemilihan Siomay raksasa untuk dicatat ORI, karena merupakan ikon kota Bandung.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00