• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Lingkungan Hidup

Trend Vape, 'Rokok Elektrik' untuk Perokok

23 August
10:52 2018
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Vape atau Rokok Elektrik/e-ciggarets mulai terkenal di Indonesia pada tahun 2014. Pengguna Vape(Vapers) berpendapat bahwa rokok elektrik ini bisa mengurangi atau membuat berhenti kecanduan dari rokok konvensional/rokok tembakau.

Uap yang dihasilkan oleh rokok elektrik ini juga beraroma enak seperti aroma buah dan aroma creamy. Rokok elektrik terdapat 4 bagian komponen, yaitu Mod, Baterry, Atomizer,  dan cairan Liquid mengandung nikotin.

Cara kerja dari rokok elektrik sendiri itu cukup mudah yaitu liquid dipanaskan melalui kawat dan kapas di dalam atomizer dengan daya baterai yang sudah ada di dalam mod sehingga menghasilkan uap. 

Perbedaannya kedua rokok ini adalah rokok tembakau menghasilkan asap sedangkan rokok elektrik menghasilkan uap, dimana uap itu dihasilkan dari cairan yang dipanaskan seperti liquid.

Harga 1 set rokok elektrik ini berkisar antara 250.000 – 1.000.000, semakin mahal semakin canggih dan stylish modelnya. Para vapers mengakui memang awal beli device vape ini cukup merogoh kocek dibanding rokok tembakau, tetapi untuk jangka panjang bisa menghemat pengeluaran dan dampaknya tidak sebesar rokok tembakau.

Banyak perokok konvensional mempertanyakan soal keamanan dan kesehatan dari rokok elektrik ini. Vapers menyarankan pada pemula untuk membeli rokok elektrik yang semua devicenya itu original atau authentik bukan yang clone, jika ingin lebih mengerti mengenai pemakaiannya dan jaminan authentiknya bisa membeli vape di VapeStore.

Vape sudah dilegalisasi oleh pemerintah dan kena pemungutan bea cukai sebesar 57% untuk cairan liquid mengandung nikotin, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan(PMK) Nomor PMK-146/PMK.010/2017 dan berlaku mulai 1 Oktober 2018.

Vape hanya boleh dikonsumsi oleh umur 18 tahun keatas, under age dilarang keras untuk membeli dan menggunakan vape karena ada ancaman hukuman pidana yang mengatur.

Masih banyak pro  dan kontra tentang rokok elektrik ini, contohnya pihak yang kontra mengatakan kalau rokok elektrik ini sama bahayanya dengn rokok tembakau. Jika  prosedur pemakaiannya benar dan perawatan yang baik, tidak akan terjadi bahaya.

Terkadang orang-orang lebih menyukai uap yang dihasilkan dari liquid vape yang mempunyai berbagai aroma dan uap vape juga tidak menyebabkan polusi udara sekitarnya dibandingkan asap dari rokok tembakau.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00