• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Apel Kehormatan dan Renungan Suci Berlangsung Hikmat di TMP Samarinda

16 August
23:59 2018
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda : Menjelang detik-detik Hari Ulang Tahun (HUT) ke 73 Kemerdekaan RI  tahun 2018, seluruh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim, maupun Pemkot Samarinda melakukan Apel Kehormatan dan Renungan Suci yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan (TMP) Samarinda, Jum'at (17/8/2018) pukul 24.00 Wita.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci kali ini dilaksanakan secara sakral oleh sejumlah peserta yang berasal dari kalangan Instansi Pemerintah Daerah setempat dan TNI/POLRI. Tradisi ini dilakukan setiap tahun sebagai bentuk penghormatan kepada Pahlawan Kemerdekaan Indonesia yang telah gugur.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto membacakan ikrar kepada para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan, kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta.

Seusai apel, Subiyanto kepada RRI mengatakan sejarah bangsa tidak boleh dilupakan, khususnya sejarah para pahlawan yang memperjuangkan negara ini.

Ia berpesan kepada masyarakat di Indonesia, khususnya di Kaltim untuk dapat melanjutkan perjuangan dari para pahlawan, namun tidak melawan penjajah tetapi melakukan hal positif bagi negara.

"Justru sekarang ini kita berjuang yang dikatakan Presiden terlebih dahulu, bahwa masa-masa kini itu yang terberat adalah menghadapi bangsa sendiri,"ucap Subiyanto.

Menurutnya tantangan bangsa yang terberat saat ini adalah di saat pesta demokrasi berlangsung di Tanah Air. Sebab banyak masyarakat yang belum menyadari bahwa Pilpres, Pilkada maupun Pileg merupakan pesta yang harus disukseskan dengan menanamkan keutuhan bangsa.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00