• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

BAZNAS Bangun Fasilitas Sanitasi dan Sediakan Air Bersih Pengungsi Lombok

16 August
23:52 2018
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) membangun fasilitas sanitasi, MCK dan penyediaan air bersih bagi pengungsi korban gempa di Lombok.

Deputi BAZNAS Arifin Purwakananta mengatakan pembuatan fasilitas sanitasi, MCK dan air bersih diberikan pengungsi agar terjaga kesehatannya.

"BAZNAS membangun fasilitas sanitasi, MCK dan penyediaan air bersih bagi warga bencana di NTB. Dalam memenuhi kebutuhan pengungsi korban di Lombok, BAZNAS membuat beberapa fasilitas diantaranya disediakan sanitasi, mandi, kaskus dan air bersih," kata Arifin, Kamis (16/8/2018).

Penyediaan air bersih, terang Arifin, agar para pengungsi dapat terhindar dari berbagai penyakit pasca gempa. Hal itu dilakukan agar pengungsi tercegah dari penyakit pasca gempa seperti kolera dan berbagai virus yang timbul pasca gempa.

"Kelihatanya dapat tercegah dari kolera dan virus-virus yang akan menyerang pengungsi di Lombok akibat mengungsi gempa," tuturnya.

Selain itu, BAZNAS juga membuat bangunan dari kayu untuk kakus dan buang air besar. Dan WC jongkong untuk buang air besar bagi pengungsi sehari-hari.

Berdasarkan data, jumlah pengungsi berdasarkan data dari Posko Tanggap Gempa Lombok tercatat ada 352.793 pengungsi yang tersebar di Kabupaten Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Timur dan Kota Mataram. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00