• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Perhatikan Kesehatan WBP, Kanwil Kemenkumham Jatim Kerjasama Dinkes

16 August
23:44 2018
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Kesehatan warga binaan pemasyarakatan (WBP) menjadi perhatian serius Kanwil Kemenkumham Jatim.

Hal ini dibuktikan dengan melakukan MoU bersama Dinas Kesehatan Pemprov Jatim.

Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati menandatangi MoU di Bidang Pelayanan Kesehatan TB, HIV dan AIDS, serta Penyelenggaraan Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) bersama Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Jatim Kohar Hari Santoso. 

Kerjasama ini diharapkan mampu mencegah dan menanggulangi bahaya penyakit menular terutama terkait TB, HIV dan AIDS. Untuk memudahkan dalam memberikan pelayanan tersebut, maka Dinkes Provinsi akan membentuk POSBINDU yang bertempat di Lapas, Rutan, dan Rudenim. 

"Dinkes Provinsi akan memberikan pelayanan tes TB, HIV dan AIDS secara rutin kepada seluruh warga binaan baik di Lapas maupun Rutan, serta WNA yang ada di Rudenim," ujar Kabiro Hukum Pemprov Jatim Himawan Estu Bagijo, Kamis (16/8/2018).

Selain itu, bagi Calon atau Pekerja Migran yang hendak bekerja di luar negeri atau sepulang dari bekerja di luar negeri juga tidak luput dari pemeriksaan pelayanan kesehatan TB, HIV dan AIDS. Sehingga dapat memutus mata rantai penularan dan dalam hal terindikasi virus bisa segera langsung didata dan dilakukan penanggulangan. 

"Jadi bantuan yang diberikan cukup kompleks, karena ada di banyak bidang," lanjut Himawan.

Kerjasama ini menindaklanjuti hasil Rancangan Perda tentang Penanggulangan HIV dan AIDS yang sedang dilakukan proses penyusunan oleh Tim Perancang Peraturan Perundang-undangan Kanwil Kemenkumham Jatim. Dalam hal ini diwakili oleh Haris Nasiroedin, Maja Mahardi, dan Yovan Iristian. 

"Penyusunan ini tentu saja tidak luput dari diskusi yang panjang dan komitmen bersama hingga akhirnya Dinkes Provinsi bersedia memfasilitasi seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Jatim terkait pemberian pelayanan kesehatan tersebut," puji Kakanwil.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00