• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Bener Meriah Mulai Terbitkan Kartu Identitas Anak

10 August
22:52 2018
0 Votes (0)

KBRN, Redelong : Pemerintah kabupaten Bener Meriah, Aceh melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat pada tahun 2018 ini mulai menerbitkan Kartu Identitas Anak (KIA).

Sekertaris Disdukcapil Kabupaten Bener Meriah, Drs Tamin kepada RRI mengatakan, pembuatan KIA mulai dilakukan sejak awal Agustus 2018 ini, dimulai dari kecamatan Permata dan akan dilanjutkan ke kecamatan lainnya yang ada di kabupaten tersebut.

KIA sendiri, jelasnya, merupakan kartu identitas resmi bagi anak yang berusia 0-17 tahun dan memiliki fungsi yang relatif sama seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi orang dewasa.

“Ini kan semacam tanda pengenal untuk anak usia 0-17 tahun.Nah utuk 0-5 tahun itu tidak menggunakan pas foto, tapi kalau 5 sampai 17 tahun kita wajibkan pakai pas foto," ungkap Tamin.

Ia juga menyebut, Bener Meriah merupakan kabupaten pertama di Provinsi Aceh yang menerbitkan KIA. Sedangkan kabupaten/kota lainnya di bumi serambi Mekkah itu baru akan memulai pada awal 2019 mendatang.

“Jadi di Aceh ini kita yang pertama, daerah lain belum ada. Untuk pertama ini kita jemput bola ke kecamatan-kecamatan. Selanjutnya pembuatan KIA ini akan dikoordinir oleh Petugas Registrasi Kampung (PRK) yang sudah dibentuk di kampung-kampung," jelasnya

Ia menambahkan syarat yang dibutuhkan untuk pembuatan KIA ialah kartu keluarga (KK) dan akta kelahiran. Dengan demikian Penerapan KIA juga nantinya akan semakin memperluas cakupan kepemilakan akta kelahiran.

Selain itu, terang Tamin, pihaknya juga telah melakukan sosialisasikan kepada seluruh reje atau kepala kampung yang ada di kabupaten tersebut terkait dengan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00