• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Stop! Pembagian Daging Kurban Menggunakan Kantong Plastik Hitam

10 August
22:05 2018
1 Votes (5)

KBRN, Semarang : Bahayanya menggunakan kantong plastik hitam daur ulang dalam pembagian daging kurban, harus lebih di sosialisasikan kepada masyarakat.

Dinas Peternakan dan Kesehatan hewan Provinsi Jawa Tengah  meminta panita hari raya kurban dan  masyarakat agar menghindari penggunaan kantong plastik atau kresek berwarna hitam sebagai bungkus daging kurban saat Hari Raya Idul Adha mendatang. Hal tersebut dibernarkan Guru Besar Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro Semarang, Prof Edi Rianto.

Ia menjelaskan, penggunaan kantong plastik khususnya yang berwarna hitam ini akan menempelkan bahan-bahan berbahaya karena kantong tersebut merupakan hasil daur ulang.

"Dalam proses daur ulang juga  tidak diketahui, apakah bekas limbah rumah sakit, limbah kotoran hewan atau manusia, atau yang lebih parah limbah logam berat," ujarnya, Jumat (10/08/2018). 

Menurut dia, dalam proses pembuatanyapun juga ditambahkan berbagai bahan kimia yang kemungkinan memberikan dampak bahaya bagi kesehatan. 

Selain itu Prof edy juga mengimbau, fasilitas yang digunakanpun harus steril, seperti pisau, alas potong, dan juga tempat mencuci jeroan pun harus dipisahkan. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00