• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Dengarkan Siaran RRI, Suku Pedalaman di Pulau Seram Bakal Dibagikan Pesawat Radio

10 August
22:07 2018
0 Votes (0)

KBRN, Ambon : Suku pedalaman Mausu Ane yang menempati Hutan Seram Utara, akan diberi pesawat radio agar mudah mendengarkan siaran radio republik Indonesia. 

Pembagian pesawat radio oleh Kodam XVI/Pattimura, disampaikan Pangdam Mayjen TNI Suko Pranoto, saat menerima kunjungan Kepala Stasiun LPP RRI Ambon, Suyono, di ruang kerjanya, Jumat (10/8/2018).

"Masyarakat yang tinggal di pelosok Pulau Seram kesulitan menjangkau akses informasi, baik dari media cetak maupun elektronik," bebernya 

Apalagi, Suku Mausu Ane yang beberapa waktu lalu dilanda krisis pangan, tidak mengerti bahasa sehari-hari orang Maluku, apalagi bahasa Indonesia. Ini yang membuat meraka kesulitan berkomunikasi dengan orang luar. 

Keberadaan radio diharapkan bisa menjadi media pembelajaran bagi mereka, untuk mudah memahami bahasa Indonesia serta mengetahui perkembangan pembangunan di daerah, nasional maupun internasional. 

"Kalau sudah biasa dengar radio, perlahan-lahan mereka mulai mengerti kata demi kata. Dan lama kelamaan juga bisa mengikuti berita terkini, karena RRI bukan hanya Maluku saja, bisa nasional bahkan internasional," ujarnya. 

Pembagian radio, nantinya difokuskan di Pulau Seram, terkhusus desa yang masih terisolasi dari jangkauan media.

Mendengar radio, menurutnya, lebih efektif selain tidak membutuhkan biaya. Selain itu, pesawat radio bisa mudah dibawa kemana saja.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00