• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

'Touring Merah Putih', Terobosan Unik Polda Kalteng Peringati HUT RI Ke-73

10 August
20:29 2018
0 Votes (0)

KBRN, Palangka Raya : Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73, Polda Kalimantan Tengah menggelar kegiatan bernuansa nasionalisme dan kebangsaan yang penuh kejutan dan terobosan unik. Salah satunya adalah melepas touring merah putih bagi kalangan penggemar mobil dan kelompok penjelajah di Tugu Proklamasi Jalan S Parman Palangkaraya.

Dalam konvoi touring merah putih ini terlihat ratusan mobil yang didominasi jenis mini truck dan jeep dilepas oleh pejabat tinggi Polda Kalteng dan akan menjelajah dan berkelana menyemarakkan kegiatan. 

Kepada sejumlah wartawan, Kapolda Kalimantan Tengah Brigjen (Pol) Anang Revandoko, Jumat (10/08/2018)  selaku penggagas kegiatan unik ini mengatakan, dalam touring merah putih ini, turut juga diangkut misi untuk menggelorakan kibaran satu juta merah putih di seantero Kalimantan Tengah.

Kapolda asal Semarang ini berharap, dampak dan pengaruh kegiatan ini akan menggema hingga terpancar ke seluruh Indonesia. Tujuannya jelas yakni ingin membangkitkan  keindonesiaan dan nasionalisme menjelang detik-detik peringatan Kemerdekaan RI.  

Melalui momentum ini, Kapolda berharap dari Kalimantan Tengah bangkit semangat untuk menuju Indonesia sebagai bangsa besar. Misi lainnya adalah ikut melestarikan dan merawat kebudayaan Kalteng yang kini memiliki lebih dari 50 suku Dayak di segala penjuru.

Selain mengantar misi pemasangan satu juta bendera, Polda Kalteng juga membagikan 10.000 kentongan merah putih sebagai sarana komunikasi di pedesaan mennjaga kondisi keamanan.

“Tak hanya itu Polda Kalteng juga siap membentangkan bendera raksasa di sepanjang 13 sungai di Kalteng. Polda Kalimantan Tengah juga nantinya akan melakukan bakti sosial bedah rumah di 14 daerah di Kalteng,” jelasnya.

Dari pengamatan RRI, pelaksanaan pelepasan Touring Merah Putih di Tugu Sukarno berlangsung semarak. Selain dihadiri pimpinan daerah dan tokoh Dayak Sabran Ahmad, kegiatan ini juga menampilkan tarian kolosal suku Dayak dari anggota Polda dan TNI yang cukup menawan. Selain juga ditutup dengan konvoi panjang peserta touring Merah Putih yang terbagi atas empat koordinator wilayah (korwil) di Kalteng.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00