• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Mantan Ketua DPRD Belu : Maknai HUT Kemerdekaan

10 August
17:35 2018
0 Votes (0)

KBRN, Atambua : Memaknai peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang akan memasuki usia ke 73 tahun, 17 Agustus 2018, bukan sekedar menyelengarakan kegiatan seremonial, namun yang utama menanamkan nilai juang sikap patriotisme serta nasionalisme bela negara kepada segenap anak bangsa.

Mantan ketua DPRD Belu Herman Yosep Loe Mau memaknai momentum peringatan HUT Kemerdekaan RI di tapal batas Atambua mengatakan, tugas bela negara sudah seharusnya menjadi bagian tanggung jawab bersama seluruh komponen masyarakat bukan semata dibebankan di pundak unsur TNI/POLRI.

Untuk itu, perlu perhatian serius Pemerintah bagaimana upaya memberikan pemahaman secara luas kepada masyarakat batas untuk ambil bagian tugas bela negara.

Menurutnya, hajatan peringatan kemerdekaan diisi berbagai kegiatan perlombaan hajatan seremonial, padahal menjadi utama bagaimana bisa menanamkan nilai juang  sikap patriotisme bela negara ditanamkan kepada anak bangsa, khusus ditapal batas NKRI, Jumat (10/8/2018).

"Kita harus menjaga perbatasan dengan suatu perhatian yang begitu serius, sehingga masyarakat yang sekarang ini di lintas perbatasan itu diberi sosialisasi pemahaman tentang tugas-tugas pembelaan kemerdekaan," ungkap Herman Yos. 

Selaku mantan Ketua DPRD Belu periode 199-2004 ikut mengkritisi  keberadaan para Veteran Belu, dimana belum terlalu di libatkan dalam tugas bela negara, padahal lanjutnya para pejuang tahun 1975 tersebut telah dibiayai negara dengan menerima tunjangan pensiun yang cukup besar. Untuk pengamanan wilayah batas teritorial NKRI  saat ini masih semata-mata menjadi beban tugas dan tanggung jawab unsur TNI/POLRI.

"Negara sudah kasih veteran begini banyak uang semua kan pejuang bela negara harus melaksanakan tugas itu," tegasnya.

Mengimplementasi tugas bela negara dengan mengumpulkan kembali para veteran dalam suatu wadah yang terorganisir secara baik, agar bisa ikut berkontribusi bersama unsur keamanan, menjaga tapal batas RI-Timor Leste di Atambua.


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00