• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

MK Tolak Gugatan Ridho dan Herman HN

10 August
15:28 2018
0 Votes (0)

KBRN, Bandarlampung : Mahkamah Konstitusi (MK) menolak permohonan M Ridho Ficardo-Bachtiar Basri dan Herman HN-Sutono, terkait permohonan perselisihan hasil Pilgub Lampung 2018.

Putusan tersebut dibacakan langsung oleh Ketua Mahkamah Konstitusi, Anwar Usman, dalam persidangan yang digelar, Jumat (10/8/2018).

Dalam putusannya, MK menyatakan menolak semua permohonan atas nama M Ridho Ficardo-Bachtiar Basri, dan Herman HN-Sutono.

MK juga menyatakan, permohonan tidak dapat diterima karena para pemohon tidak memiliki legal standing, sesuai ketentuan Pasal 158 Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 tentang ambang batas persentase selisih hasil perolehan suara pemohon dengan pihak terkait.

Kuasa hukum Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim, Andi Syafrani yang dihubungi RRI mengatakan, KPU harus segera mengagendakan pleno penetapan Arinal-Nunik, sebagai pasangan terpilih.

Sebab menurutnya, dalam tahapan menyebutkan, pasca-putusan MK, KPU akan membuat SK tentang penetapan pasangan calon terpilih.

“KPU saya kira bisa segera menindalanjuti, karena di dalam tahapan pasca-putusan dismissal, KPU akan segera membuat SK tentang penetapan pasangan calon terpilih,” tegas Andi Syafrani.

Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono mengatakan, berdasakan hasil putusan dismissal MK, pihaknya menjadwalkan penetapan pasangan Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim sebagai calon terpilih.

Menurutnya, KPU Lampung akan menetapkan pasangan calon terpilih selambat-lambatnya tiga hari, setelah pembacaan putusan MK.

Dia menegaskan, pihaknya berencana melakukan penetapan Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim pada Minggu, 12 Agustus 2018 mendatang.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00