• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Unggas Baubau Bebas Flu Burung

10 August
15:03 2018
0 Votes (0)

KBRN, Baubau : Dinas Pertanian Kota Baubau menyatakan ayam dan jenis unggas lainnya  yang tersebar di Baubau bebas virus flu Burung.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kota Baubau, dr. Hewan Jusrianti mengungkapkan, selama ini tidak pernah ditemukan kasus flu burung karena pihaknya rutin melakukan deteksi dini pada hewan unggas dan  penyemprotan desinfektan sepanjang tahun untuk mencegah unggas terinfeksi virus flu burung.

“Sejauh ini kita belum menemukan yang gejalanya mengarah ke flu burung  Insha Allah Unggas  kita masih aman,”jelas Jusrianti, Jumat (10/8/2018).

Ia menyebutkan,  populasi  unggas khususnya ayam potong dan ayam petelur terus mengalami peningkatan hingga puluhan ekor pertahun

Meski masih kategori bebas flu burung, namun sebagai langka pencegahan pihaknya gencar melakukan  penyemprotan di setiap  kandang pemeliharaan unggas milik warga agar penyakit zoonosis itu tidak mewabah kemasyarakat.

“Sepanjang tahun,  kita jadwalkan penyomprotan di setiap kecamatan,”Singkatnya.

Ia menghimbau, bagi masyarakat yang mendirikan kandang hewan unggas seperti ayam diharapkan untuk melapor, agar kandang unggasnya dilakukan penyeprotan secara berkala.

Alternatif lainnya  pemilik kandang juga dapat mengambil langsung zat desinfektan sendiri secara gratis di Bidang Peternakan  dan melakukan penyeprotan sendiri  sehingga unggasnya dapat tercegah dari virus flu burung.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00