• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Peringati HUT RI, 25 Siswa Sumbar Dikirim Mengenal Nusantara ke Sulsel

10 August
14:44 2018
0 Votes (0)

KBRN, Padang: Sebanyak 25 siswa SMA di Sumatera Barat (Sumbar) dikirim ke Sulawesi Selatan dalam program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang merupakan kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri. Mereka dilepas oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Aula Kantor Gubernur, Jumat (10/8/2018).

“Manfaatkan program SMN sebagai sarana melihat dan mengalami langsung perbedaan budaya untuk memperkaya pemahaman tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Lihat keberagaman suku bangsa yang sesungguhnya, bukan saja dari buku materi,” pesannya.

Irwan juga meminta supaya anak-anak asal Sumbar menjaga diri, sekaligus menjaga nama daerah di tanah orang. “Ananda membawa nama Sumbar ke daerah lain, jaga nama provinsi, kabupaten/kota, dan sekolah kita. Jaga perilaku kita. Tunjukkan kita bermartabat. Terapkan pepatah di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung,” pintanya.

Irwan berharap, seluruh peserta SMN membagi pelajaran dan pengalaman apapun yang didapat pada sejawat di lingkungan tempat tinggal atau sekolah masing-masing. “Sebarkan, wawasan dan kebaikan tentang nusantara,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Bukit Asam Arvian Arifin, sebagai salah satu BUMN penyelenggara kegiatan, menyebutkan, Sumbar pada SMN 2018 mengirim 25 orang mencakup 20 siswa representasi kabupaten/kota di Sumbar, 3 siswa disabilitas, dan 2 siswa dari Muara Enim, Sumsel.

“SMN merupakan program yang difasilitasi oleh seluruh BUMN yang memiliki wilayah kerja di 34 provinsi di Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan sejak 2015, dan rutin digelar dalam rangkaian HUT RI. Sebab kegiatan ini mampu menumbuhkan rasa persatuan dan saling menghormati antar suku di Indonesia,” jelasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00