• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Festival Serayu Banyumas Kembali Digelar

10 August
10:04 2018
0 Votes (0)

KBRNB,Jakarta: Festival Serayu Banyumas akan kembali digelar di kawasan Bendung Gerak Serayu Banyumas Jawa Tengah pada tanggal 11-12 Agustus 2018. Ketua Panitia Festival Serayu Imam Basroil kepada RRI, Jumat (10/8/2018) mengatakan Festival ini rutin diadakan dan tahun 2018 ini merupakan tahun yang ke 10.

“Untuk tahun ini ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan, seperti lomba foto on the spot, lomba foto selfie instagram,pameran kuliner, lomba melukis pelajar SMP se- Banyumas, hiburan kesenian dan kegiatan komunitas kreatif Banyumas,” kata Imam.

Selain itu menurut Imam, ada dua agenda utama dalam festival Serayu tahun ini, yakni lomba balap perahu pasir pada hari Sabtu dan karnaval perahu hias pada hari Minggu (11/8/2018) lusa. 

“Tahun ini kami  mengambil tema merajut tepian Serayu dengan makna  pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya air yang melibatkan banyak pihak, termasuk masyarakat dan pelaku wisata,” tutup Imam.  

Sementara itu Ketua Paguyuban Masyarakat Pariwisata Serayu (PMPS), Eddy Wahono mengatakan, festival yang mempromosikan keindahan  wisata Sungai Serayu ini merupakan gagasan dari Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BWSSO) dan Paguyuban Masyarakat Pinggi Sungai (PMPS).

“Jadi ide event ini adalah adanya keinginan untuk mengubah mata pencaharian masyarakat yang bergantung dari aktivitas menambah pasir, menjadi pelaku wisata di wilayah Sungai Serayu,” kata Eddy.

Sementara itu Kepala Bidang Pariwisata Dinporabudpar Banyumas, Saptono mengatakan, kegiatan ini terpaksa tidak sesuai kalender evet yang sudah ditentukan sebelumnya. 

“Seharusnya kegiatan ini dilaksanakan akhir bulan Juli lalu, namun karena  ada pembangunan jembatan dan terowongan PT KAI, jadi harus berkoordinasi terlebih dahulu,” kata Saptono. 

Saptono menuturkan, terkait persiapan event,semua diserahkan kepada Paguyuban Masyarakat Pariwisata Serayu (PMPS), sementara pihak Dinporabudpar Banyumas hanya sebagai fasilitator kegiatan. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00