• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Pemerintah Usulkan UNESCO Akui Gamelan Sebagai Warisan Dunia Tak Benda

10 August
05:45 2018
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta: Internasional Gamelan Festival (IGF) kembali digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. IGF 2018 berlangsung di kota Solo dengan tema 'Home Coming.'

Pada kesempatan opening IGF di Benteng Vastenburg Solo, Kamis (9/8/2018) malam Mendikbud Muhajir Efendi menyampaikan usulan gamelan menjadi warisan dunia. 

"Kami sampaikan juga bahwa Kemendikbud dan tim penilai untuk pengusulan warisan budaya tak benda Indonesia ke UNESCO. Telah menetapkan gamelan untuk diajukan sebagai nominasi Indonesia yang akan dikirim ke sekretariatan UNESCO pada Maret 2019 dan nantinya akan dibahas tahun 2021," jelas Muhajir langsung disambut tepuk tangan hadirin dalam opening IGF.

Muhajir menyampaikan, tim penyusun mohon dukungan kepada seluruh komunitas gamelan agar penyusunan naskah nominasi ini dapat berjalan lancar. Selain itu dapat diterima oleh UNESCO dan dapat masuk dalam daftar representatif warisan budaya tak benda untuk kemanusiaan.

"Tentu saja saya juga membutuhkan dukungan, Indonesia membutuhkan dukungan para pegiat gamelan di manca negara agar bisa sukses dalam kita memunculkan gamelan sebagai warisan tak benda dari Indonesia," pinta Muhajir.

Diakhir sambutannya, Muhajir mengajak masyarakat menguatkan kebudayaannya. "Akhir kata marilah kita memajukan dan menguatkan kebudayaan dan selamat merayakan keragaman budaya." 

IGF berlangsung mulai 9  hingga 16 Agustus 2018. Diikuti 92 kelompok terdiri,73 dalam negeri dan 19 kelompok gamelan dari 12 negara.

Lokasi IGF di 6 venue selain di Benteng vastenburg, Museum Radya Pustaka, Teater Besar ISI, TBS, Kampus Univeristas Negeri Sebelas Maret Surakarta (UNS) dan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 8 Solo.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00