• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Menteri Muhajir Efendi Buka IGF 2018 di Benteng Vastenburg Solo

9 August
23:55 2018
1 Votes (5)

KBRN, Surakarta: Internasional Gamelan Festival (IGF) 2018 dengan tema 'homecoming' resmi dibuka di Benteng Vastenburg Solo, Kamis (9/8/2018) malam. Opening IGF dilakukan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir Efendi dengan memukul gendang.

Selain itu juga didampingi Wali kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, Direktur Festival Rahayu Supanggah serta Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid.

Dalam pidato sambutannya, Menteri Muhajir Efendi mengatakan, IGF diselenggarakan untuk merayakan keragaman budaya. Sekaligus menciptakan arena musik dan silaturahmi bagi kelompok-kelompok gamelan yang telah berdiaspora di berbagai belahan dunia.

"Kelompok dan pengajaran di dunia intenasional terus tumbuh dan berkembang, jumlahnya makin banyak. Hal ini tercermin dari besarnya partisipasi peserta dari mancanegara dalam IGF pada malam hari ini," jelasnya.

Tak kurang dari 265 pengembang gamelan dari luar negeri dan 950 pengembang gamelan dalam negeri menjadi peserta dalam perhelatan besar gamelan ini. "Saya beri apresiasi yang besar kepada maestro dan penggiat gamelan yang mengabdikan dirinya untuk terus berkarya dan mengembangkan kultur gamelan baik dari dalam maupun dari luar negeri," sambungnya.

Di tengah hiruk pikuk peristiwa yang terjadi di dunia keselarasan gamelan sebagai bentuk apresiasi budaya. Hal ini melambangkan makna kerukunan saling menghargai dan saling bekerja sama demi menciptakan kehidupan masyarakat yang toleran, harmonis, dan damai. 

"Festival ini memberikan ruang interaksi untuk dialog antar budaya tentang bagaimana spirit gamelan telah beresonansi melewati batas ilmu wilayah geografis maupun kelompok sosial," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00