• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

73 Kelompok Seni Gamelan Meriahkan IGF 2018

9 August
22:54 2018
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta : Soft opening International Gamelan Festival (IGF) 2018 di Kota Solo diwarnai penampilan oleh 73 kelompok Seni Gamelan. Mereka tampil di sepanjang City Walk jalan Slamet Riyadi, dari Plasa Sriwedari ke timur hingga Benteng Vastenburg, Kamis (9/8/2018).

Kolaborasi yang cukup apik disuguhkan kepada masyarakat  dan turis dari kelompok gamelan pelajar SD dan SMP yang juga dilengkapi instrument Biola dan saxophone. Bahkan ada seorang pengrawit tuna netra mahir menabuh gamelan.

Soft opening dibuka Wali kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo dihadiri Direktur Jenderal Kebudayaan (Dirjen Kebudayaan) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid.

International Gamelan Festival Solo 2018 ini menjadi ajang pulang kampung dan silaturahim seniman gamelan asing yang pernah belajar seni gamelan di Solo.

Menurut Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid, seni gamelan merupakan pendidikan karakter. “Anak-anak yang mempunyai kebisaan seni seperti karawitan atau menari tidak saja memiliki rasa keindahan tetapi juga mengolah rasa," ujar  Hilmar Farid.

Sementara tema “Home Coming” yang menjadi tema dalam IGF, lantaran banyaknya warga dari luar negeri datang ke Solo untuk belajar seni gamelan. Sehingga banyak komunitas gamelan di luar negeri, seperti Inggris terdapat 140 komunitas gamelan kembali ke Solo mengikuti IGF.

“Home Coming itu menjadi ajang pulang kampung atau memanggil mereka utk kembali pulang kampung ke Solo, termasuk warga Solo yg berada di manca negara, mereka datang ke Solo bersama rombongan dengan biaya sendiri," jelasnya.

IGF berlangsung mulai Kamis 9  hingga 16 Agustus 2018. Diikuti 92 kelompok terdiri,73 dalam negeri dan 19 kelompok gamelan dari 12 negara.

Lokasi IGF di 6 venue selain di Benteng vastenburg, Museum Radya Pustaka, Teater Besar ISI, TBS, Kampus Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta (UNS) dan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 8 Solo.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00