• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

Masyarakat Lumajang Berharap Caleg Berkualitas

9 August
16:20 2018
0 Votes (0)

KBRN, Lumajang: Dalam waktu dekat masyarakat Kabupaten Lumajang Jawa Timur maupun masyarakat di seluruh Indonesia kembali akan menggelar pesta demokrasi dalam pemilu tahun 2019. 

Tentu saja tidak sedikit harapan masyarakat akan perubahan lebih baik di daerah maupun di Negeri ini, berbagai macam tanggapan dari berbagai elemen Masyarakat khususnya Kabupaten Lumajang dalam menyikapi sejauh mana sosok ideal sebagai seorang Calon Legislatif yang nantinya mampu mengakomodir berbagai macam kepentingan dan kebutuhan Masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Lumajang.

Untuk mengetahui bagaimana tanggapan masyarakat terkait kualitas yang ideal seperti apa, menurut salah satu pengacara muda di Kabupaten Lumajang Indra Hosi, menjelaskan jika seorang Legislator yang ideal harus mampu secara keilmuan intelektualitas, humanisme, profesional dengan demikian seorang calon legislatif mampu mengakomodir berbagai macam kepentingan masyarakat yang diwakilinya, bukan justru hanya mencari keuntungan berbagai macam fasilitas sebagai anggota dewan.

"Benar sekali, seorang Legislator yang ideal harus mampu secara keilmuan intelektualitas, humanisme, profesional dengan demikian seorang calon legislatif mampu mengakomodir berbagai macam kepentingan masyarakat yang diwakilinya, bukan justru hanya mencari keuntungan," katanya, Kamis (9/8/2018).

Salah satu Masyarakat Desa Kepuharjo Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang Santoso, seorang anggota Dewan yang dicari harus bisa mengayomi berbagai macam kepentingan Masyarakat sehingga Masyarakat tidak keceewa karena mereka telah diberikan amanah oleh rakyat untuk mewakili kepentingan Masyarakat. 

Pada kesempatan terpisah salah satu Calon Legislator calon dari partai PKB Iqbal Zamzami ketika dikonfirmasi menjelaskan Seorang Legislator harus mampu mengakomodir kepentinga Masyarakat  dan mmpu bermitra dengan baik dengan Eksekutif atau Pemerintahan karena tujuan nya adalah untuk mensejahterkan Masyarakat Lumajang sehinggga harus mumpuni dari semua sektor keilmuan.
  
Dalam hal ini Partai Politik juga memliki peran terutama dalam memilih kader terbaiknya setelah diberikan pendidikan politik melalui kaderisasi Partai. Dengan demikian maka akan terpilihnya anggota dewan yang memiliki kompetensi pada bidangnya masing masing sehingga apa yang menjadi kebutuhan Masyarakat dapat terwakili

"Seoarang Legislator harus kredible frofesional mas," Jelasnya.

Sementara itu Komisioner Divisi SDM dan Parmas KPU Lumajang, Muhammad Ridhol Mujib SE, Sejauh ini seleksi itu dilakukan oleh masing-masing parpol yang tertuang dalam formulir B 2 tentang surat pernyataan seleksi bacaleg secara demokratis dan terbuka yang ditandatangani oleh sekretaris dan Ketua Parpol sesuai tingkatan stempel basah dan bermaterai akan tetapi hanya menerima dan meneliti syarat pengajuan pencalonan dan syarat bakal calon itu diatur dalam PKPU 20 garis miring 2018. 

Dalam memilih caleg yang berkualitas, paling tidak kita memiliki beberapa kriteria penilaian, yaitu memiliki integritas intelektual, sosial dan moral. (KA/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00