• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Gurihnya Soto Lama Banyumas yang Memanjakan Lidah

9 August
14:14 2018
2 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Selain mendoan, Banyumas juga terkenal dengan makanan khas lainnya, salah satunya soto. Makanan berkuah yang satu ini menjadi menu favorit bagi pengunjung maupun wisatawan yang menginjakkan kaki ke Purwokerto dan sekitarnya. Soto bisa dijumpai di daerah Sokaraja yang memang sudah lama terkenal sebagai sentra soto di Banyumas. Disana banyak penjual soto yang menawarkan beragam racikan berbeda, seperti soto berkuah bumbu kacang, yang memanjakan lidah konsumen.

“Saya sudah berjualan disini sejak tahun 1978, meneruskan usaha dari orang tua saya. Kalau dulu masih belum banyak, sekarang ramai penjualnya,” kata Suradi pemilik Warung Soto Lama Haji Suradi.

Terkait banyaknya penjual yang menjajakan menu sama, Suradi mengaku tidak khawatir karena urusan lidah setiap orang memiliki selera berbeda.

“Kalau masalah rasa itu relatif, orang seleranya berbeda. Kami punya cara tersendiri untuk membuat pelanggan menyukai masakan saya. Kuncinya di sambal kacang yang saya campurkan,” tambah Suradi.

Menurutnya bahan yang dipakai menggunakan bahan berkualitas, aman dan tidak mengandung pengawet berbahaya.

“Dulu warung saya pernah dikunjungi pak SBY, dan alhamdulillah beliau suka dan tidak protes dengan rasa maupun penyajian soto kami,” ungkap Suradi dengan wajah bangga.

Suradi menambahkan, walaupun menu andalannya sambal kacang, namun jika ada konsumen yang tidak menyukainya, warungnya menyediakan pilihan yang lain. Untuk menambah rasa agar lebih istimewa di warungnya juga menjual mendoan. Warung yang terletak di Jalan Jend. Soedirman No. 15 Sokaraja ini, setiap akhir pekan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun luar kota. Salah seorang wistawan, Sigit 33 tahun dari Ciamis mengaku mengetahui tempat ini dari teman-teman dikantornya.

“Saya baru pertama kesini, sebelumnya saya pernah makan soto, tapi rasanya tidak segurih dan nikmat ini. Rasanya pas dilidah saya,” kata Sigit dengan antusias.

Selain Soto Sokaraja disepanjang jalur Sokaraja, Banyumas ini juga terdapat makanan khas lain, seperti getuk goreng, klanting, nopia dan lainnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00