• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Teh Talua Balenggek, Minuman Manis Rasa Juara

9 August
12:19 2018
1 Votes (5)

KBRN, Padang : Menginjakkan kaki ke Kota Padang, sudah barang tentu tak hanya berwisata mencuci mata, melainkan juga memanjakan lidah. Sebab di ‘Ranah Bundo’ ini, beragam kuliner khas yang lezat dijajakan. Sebut saja, randang, gulai kapalo ikan, tambusu, dan banyak macam yang lain. 

Tahukah anda, selain makanan nikmat, jika anda berkunjung ke Padang akan tergolong merugi jika tak mencicipi teh telur atau akrab disebut teh talua. Minuman tradisional berbahan kuning telur, yang dikocok dengan gula pasir hingga membuih kental, kemudian disiram teh panas kental ini, mudah ditemui di warung atau kedai, mulai pagi hingga dini hari. Lezatnya bukan main, manis serasa cappucino Italia. Tak heran jika teh talua meraih Juara III sebagai minuman tradisional terpopuler pada ajang Anugerah Pesona Indonesia 2017.

Singkat saja, jika anda ingin menikmati teh talua di Kota Padang, salahsatunya di kedai kopi Mak Etek, yang berdiri di kawasan Cengkeh, jalan Raya Padang – Indarung. Di kedai ini, teh talua dibuat dengan cara yang tradisional, sehingga sangat digemari pengunjung.

“Sebagian pedagang sudah menggunakan mesin mixer untuk menggocok telur dengan gula, biar cepat. Kalau kita masih manual, supaya hasil kocokan kental. Memang lama kalau cara manual. 300 kocokan baru bisa kental, lalu siram teh panas dan tambah susu,” ungkap Novendi, penggelola kedai kopi Mak Etek, di Padang, Kamis (9/8/2018).

Memang tak memakai resep khusus, namun teh talua di warung itu sangat digemari masyarakat. Sehari bisa 300 konsumen yang datang menikmati teh talua. Muharman misalnya, hampir setiap pekan selalu menyempatkan diri meminum teh talua di warung Mak Etek. Sebab, rasanya enak, dan tampilan yang menarik.

“Kocokan telur gula yang disiram teh panas itu, naik terpilah-pilah menjadi bertingkat. Kalau kami bilang balenggek (bertingkat). Tiap tingkat, warnanya beda-beda, coklat terang sampai coklat gelap,” ucapnya.

Menurut Muharman, teh talua layak terus dipromosikan, supaya mendunia seperti minuman kopi ala Italia yang disukai di Indonesia. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00