• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Lingkungan Hidup

Erosi Sungai Woyla Resahkan Warga Aceh Barat

9 August
11:02 2018
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta: Sepanjang  100 meter lebih tebing sungai Krueng Woyla di Desa Blang Cot Rubek, Woyla Barat, Kabupaten Aceh Barat amblas akibat erosi sungai.

"Kemarin hanya sedikit yang longsor ke bawah, tapi kini semakin meluas, baru saja kemarin terjadi longsoran kembali, dan kita khawatir ini akan berakibat fatal nantinya,"kata Anwar, Tokoh masyarakat setempat kepada wartawan, Kamis (9/8/2018).

Amblasnya tebing sungai tersebut sudah terjadi sejak beberapa minggu lalu, Daerah Aliran Sungai (DAS) semakin tergerus sehingga dapat semakin parah karena derasnya air Sungai Woyla.

Lokasi longsor dengan jalan utama kecamatan sudah sangat dekat, hanya terpaut sekitar 8 meter, bahkan tanah pinggiran lainnya sudah mulai retak dan dikhawatirkan jatuh bila aliran air semakin deras disaat musim penghujan saat ini

"Dulu pernah dibuat dinding sungai dari beton untuk mengantisipasi hal ini, sekarang sudah rusak karena tidak mampu menahanterjangan air. Kita lebih khawatir kalau sampai jalan utama ikutan longsor," ungkapnya.

Dia bercerita, sebelum sungai/ Krung Woyla seluas sekarang, sudah pernah terjadi erosi hingga kebun pisang milik warga kini menjadi bagian dari sungai, seringnya air sungai meluap ketika diguyur hujan membuat tebing sungai sangat mudah untuk longsor.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00