• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

Gubernur Riau Mengundurkan Diri

8 August
17:16 2018
0 Votes (0)

KBRN, Pekanbaru: Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, Rabu (8/8/2018) menyampaikan pengunduran diri dari jabatan gubernur Riau, untuk memenuhi syarat sebagai Bakal Calon Anggota Legisilatif (Bacaleg), bahkan surat pengunduran diri sudah diajukan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Menurutnya, dirinya telah mengurus pengunduran diri sebagai pejabat negara sejak awal mendaftar menjadi calon anggota legislatif di DPR RI dari Partai Golkar untuk daerah pemilihan Provinsi Riau.
"Surat pengunduran diri merupakan salah satu persyaratan untuk seseorang maju menjadi Bacaleg pada Pileg 2019 dan syarat tersebut saya penuhi sejak awal sebelum daftar calon tetap ditetapkan oleh KPU," dalihnya.

Sebelumnya itu, Koordinator Partai Golkar Wilayah Riau, Idris Laena membenarkan Arsyajuliandi Rachman ikut mendaftarkan diri menjadi bakal calon legislatif di DPR RI pada Pileg 2019.
Idris Laena menyebutkan sebagai gubernur Riau periode 2014-2019, Arsyadjuliandi Rahman memiliki basis sehingga akan menjadi magnet yang bisa menambah suara partai pada Pileg 2019.

Disisi lain Ketua KPU Riau, Nurhamin mengatakan Arsyadjuliandi Rahman harus melayangkan pengunduran diri untuk dilampirkan dalam syarat Caleg, sebelum pengumuman daftar calon tetap diumumkan pada Agustus-September.
"Hal itu diatur pasal 182 huruf K dan pasal 240 ayat (1) huruf K undang-undang nomor 7 tahun 2017, harus berhenti sebagai gubernur termasuk bagi TNI, Polri, Kades dan pejabat lainnya jika maju sebagai Bacaleg," dalihnya.

Pada Pileg 2019, sebanyak 13 kursi yang akan diperebutkan Bacaleg dari dapil Riau, dari 13 kursi itu dibagi dua dapil yakni Riau satu dengan tujuh kursi dan Dapil Riau dua dengan enam kursi. (TS/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00