• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hiburan

Bujang Dara Riau Harus Miliki Pemahaman Budaya Melayu

8 August
16:08 2018
1 Votes (5)

KBRN, Pekanbaru: Dua puluh lima pasang Bujang Dara Riau tahun 2018 memasuki masa karantina selama tiga hari sampai dengan waktu pelaksanaan Grand Final pada 10 Agustus 2018 di SKA Co Ex Pekanbaru.

Pemilihan 25 pasang Bujang Dara ini berdasarkan seleksi ketat yang sudah dilakukan di Kabupaten / Kota.

Dikatakan Bujang Dara Riau harus memiliki pemahaman keagungan kultur melayu, karena nantinya Bujang Dara tidak hanya sebagai duta pariwisata, tetapi juga duta budaya sekaligus teladan untuk lingkungannya masing – masing.

“Saya harapkan Bujang Dara memiliki pemahaman yang mendalam mengenai budaya melayu, sebab mereka itu nantikan tidak hanya sebagai duta pariwisata, tapi juga duta budaya," ungkap Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Rabu (8/8/2018) di Pekanbaru.

Menurutnya, pemilihan Bujang Dara bukan sebatas seremonial belaka, melainkan bagian dari upaya Pemerintah Provinsi Riau dalam mengimplementasikan nilai – nilai luhur melayu secara lebih luas.

“Pagelaran Bujang Dara tidak hanya sebatas acara seremoni semata, tetapi menjadi bagian dari upaya kita mengimplementasikan nilai luhur melayu dengan lebih luas," katanya.  

Diharapkan seluruh finalis Bujang Dara berperan aktif untuk memajukan dan mengembangkan pariwisata dan budaya melayu Riau.

“Saya berharap mereka nanti dapat ikut aktif memajukan pariwisata dan budaya melayu Riau," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Fahmizal Usman mengungkapkan seluruh finalis Bujang Dara sudah mendapatkan pembekalan pariwisata, kultur melayu, public speaking, kepribadian, kepedulian social, pelatihan disiplin dan materi bahaya narkoba.

“Kita sudah bekali mereka semua dengan pengetahuan mengenai pariwisata riau, kultur dan budaya melayu, public speaking, kepribadian, kepedulian social, pelatihan disiplin serta materi mengenai bahaya narkoba," tuturnya.

Dijelaskannya, malam grand final akan menampilkan seni pertunjukan bermuatan sejarah Bumi Lancang Kuning, mulai dari era Kerajaan Kandis dan Padang Candi yang mengangkat tema “Sebatang Indragiri, Negeri Para Raja”, serta mendatangkan artis ibukota Dara mantan vokalis band The Virgin.

“Besok itu pas malam grand final, kita mempertunjukkan sejarah Bumi Lancang Kuning dengan mengambil tema Sebatang Indragiri, Negeri Para Raja dan menampilkan artis ibukota Dara, mantan vokalis band The Virgin,“ tutupnya. (Femmy/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00