• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Lezatnya Tahu Kupat Mbah Djawi, Tahu Kupat Pertama di Banyumas

8 August
14:34 2018
0 Votes (0)

KBRN,Jakarta: Tahu kupat Mbah Djawi adalah makanan tradisional khas Banyumas. Sebenarnya Tahu Kupat juga banyak dijumpai di kota-kota lain. Umumnya makanan ini berbahan dasar ketupat dan tahu yang telah digoreng. Tidak jarang Masyarakat menyebutnya tahu goreng, tahu masak, atau tahu gecot.

Yang berbeda dari tahu kupat Mbah Djawi yakni tidak menggunakan bumbu kacang dan kerupuk dalam penyajiannya, seperti umumnya tahu kupat yang sering kita jumpai. Tahu putih yang dipakai pun dipesan khusus tanpa memakai bahan kimia. 

“Bedanya dengan tempat lain, tahu nya itu lebih lembut dan enak,” kata Dian salah seorang pembeli kepada RRI, Rabu (8/8/2018).

Pembeli asal Purworejo Jawa Tengah ini mengaku sudah beberapa kali membeli Tahu Kupat Mbah Jawi. Selain harganya yang terjangkau, rasanya juga lebih khas dibanding yang lain.

“Kalau disini bisa dicampur potongan mendoan, nah itu yang tidak saya jumpai ditempat lain mas,” lanjut Dian yang biasanya datang bersama keluarganya. 

Pengunjung lain Rudi asal Cilacap mengatakan, Tahu Kupat yang dibelinya lebih nikmat jika disajikan dengan kerupuk mie goreng (mireng) sebagai pelengkap.

“Tapi ya untung-untungan mas, kadang sampai sini sudah habis, padahal masih siang, terutama kalau sabtu minggu,” kata Rudi. 

Warung Kupat Tahu Mbah Jawi  yang berada di Jalan Sudagaran Kulon, Banyumas Jawa Tengah ini selalu penuh oleh pelanggan, baik dari sekitar Banyumas maupun dari luar kota. Tahu Kupat Mbah Jawi ini sudah ada sejak tahun 1948, sehingga banyak masyarakat yang percaya tahu kupat Mbah Jawi adalah yang pertama ada di Banyumas. 

“Yang asli dan pertama ya disini mas,kalau yang lain ikut-ikut saja,” kata Marjo tukang becak dekat warung Tahu Mbah Jawi. 

Saat ini warung Tahu Kupat Mbah Jawi dikelola oleh anaknya, yakni Ibu Surati. Walaupun dikelola oleh anaknya namun rasa,olahan dan aroma Tahu Kupat Mbah Jawi tidak berubah. Dan untuk melayani pelanggan dengan maksimal, Ibu Surati membuka warung Tahu Kupat Mbah Jawi 2 yang berjarak   350 meter arah utara warung utama. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00