• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Keren, Mahasiswa Purwokerto Jadikan Serabut Kelapa Sebagai Material Pesawat

8 August
08:05 2018
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta: Tidak selamanya limbah tidak bernilai. Jika ditangani orang kreatif, barang tak terpakai bisa memiliki manfaat besar. Salah satunya serabut kelapa. Berkat kreatifitas 3 orang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), serabut kelapa bisa digunakan sebagai bahan konstruksi pesawat terbang.

Adalah, Fena Retyo Titani, Sulistyono dan Abdurrahim yang tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Peneletian Eksakta mengambangkan material Coconut Fiber Composite  (CFC) menjadi material pengganti fiberglass dan matriks yang biasa digunakan untuk formulasi komposit sayap pesawat.

"Serabut kelapa ini mudah didapat di Indonesia, selain murah juga lebih ramah lingkungan", kata Fena Retyo Titani selaku ketua Tim kepada RRI, Rabu (8/8/2018).

Selain itu Fena menambahkan komposit dari fiberglass biaya produksinya mahal, mulai dari harga bahan dasarnya serta proses pembuatan dan pembentukan kompositnya juga relatif lama.

"Kami coba mencari material pengganti dari fiberglass itu, jadi intinya kami pakai cara alternatif memanfaatkan serat alam pengganti fiber yang memiliki kekuatan yang sama", lanjut Fena.

Penggunaan kembali serat alam, terang Fena, juga dipicu adanya regulasi tentang persyaratan habis pakai (end of life) produk komponen otomotif bagi negara-negara Uni Eropa dan sebagian Asia.

Ketiga mahasiswa tersebut berharap dengan material CFC yang diyakini mampu meningkatkan kekuatan mekanik, dapat dikembangkan untuk aplikasi bahan konstruksi pesawat terbang. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00