• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Telkomsel Upayakan Jaringan Telekomunikasi Beroperasi Normal Pasca Gempa Lombok.

7 August
11:21 2018
2 Votes (5)

KBRN, Mataram : Penanganan korban gempa bumi di Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Nusa Tenggara Barat (NTB) dilakukan dengan optimal.

Masyarakat yang dirujuk ke RSUP tidak hanya dilayani dalam ruangan tetapi juga dirawat di luar dengan membangun tenda – tenda yang berada di halaman RSUP NTB.

“Dalam kondisi jumlah pasien yang terus bertambah tentunya kami terbatas kapasitasnya tapi inikan bencana dalam kondisi darurat,” kata, Humas RSUP NTB, Solikin, Selasa (7/8/2018).

“Apalagi pasien tidak mau dirawat didalam ruangan sebab mereka masih trauma untuk kembali ke ruang perawatannya. Dan kita tahu sendiri bahwa semalam terjadi gempa susulan sehingga membuat mereka keluar dari ruang perawatan,” tuturnya.

Solikin mengungkapkan, saat ini jumlah pasien korban gempa bumi yang ditangani mencapai 190 orang yang memiliki riwayat penyakit berbeda atau luka – luka yang tidak sama. Bahkan dari 190 orang itu, lima diantaranya meninggal dunia.

“Tetapi dari lima itu dua orangnya di rujuk dalam kondisi meninggal dunia,” paparnya.

Penanganan juga dilakukan dengan profesional yang dilakukan tim medis secara berkesinambungan.

Solikin menambahkan, tim medis RSUP NTB mendapat tambahan dokter spesialis dari Unhas Ujung Pandang. Tim medis Unhas ini mencapai 22 orang yang siap melakukan operasi atau penanganan korban gempa.

“Rata-rata tim medis ini dari tenaga spesialis orto bedah anistesi lengkap dengan operator dan peralatan medis lainnya sehingga korban gempa baik luka berat, sedang dan ringan dapat tertangani,” imbuhnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00