• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Luar Negeri

Presiden Venezuela Maduro Selamat dari Upaya Pembunuhan Pesawat Tak Berawak

5 August
18:46 2018
11 Votes (5)

KBRN, Caracas : Presiden Venezuela Nicolás Maduro telah selamat dari upaya pembunuhan yang meledak dari pesawat tak berawak.  Maduro tengah menyampaikan pidatonya pada peringatan ulang tahun ke-81 Tentara Nasional Venezuela di Caracas, ketika serangan yang diduga terjadi, Minggu (5/8/2018).

Insiden yang terjadi ditengah pidatonya terekam dari sebuah video yang beredar di dunia maya. Video tersebut menunjukkan Presiden Maduro tiba-tiba melihat ke atas dengan ekspresi kaget, dan sontak barisan perwira undangan di belakangnya ikut melarikan diri.

Dua pesawat tak berawak tersebut dimuat dengan bahan peledak dan meledak di dekat panggung Presiden, kata Menteri Komunikasi Jorge Rodriguez.  Maduro berhasil diselamatkan oleh para pengawalnya dengan perisai anti-peluru. Walau demikian, tujuh tentara terluka dalam insiden tersebut, dan beberapa orang telah ditangkap oleh pihak berwenang Venezuela.

Maduro menyalahkan Kolombia atas serangan itu. Dia meyakini Presiden Kolombia Juan Manuel Santos memiliki andil di belakang serangan ini. Kolombia menyebut pernyataan Maduro atas tuduhan sembarangan dan tak memiliki bukti.

Namun dugaan berbeda diungkapkan oleh Menteri Rodriguez. Dia justru menuduh oposisi sayap kanan Venezuela yang melakukan serangan itu.

"Setelah kehilangan suara, mereka gagal lagi," kata Rodriguez.

Pernyataan Rodriguez itu mengacu pada Pemilihan Presiden beberapa waktu lalu, di mana Maduro terpilih kembali untuk masa kepemimpinan selama enam tahun.

Namun, Hasler Inglesias, seorang pemimpin Pemuda Oposisi dari Partai Voluntad Popular, mengatakan "Kami tidak tahu apa yang sedang terjadi. Sulit untuk meyakini bahwa oposisi akan melakukan upaya tersebut ketika mereka tidak pernah menggunakan cara seperti ini selama 20 tahun. " (bbc/rsp/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00