• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

GWR Poco Poco

Presiden Soekarno Tiba-tiba Melintas di Monas

5 August
08:56 2018
12 Votes (3.2)

KBRN, Jakarta: Ada sosok yang menarik perhatian kala event pemecahan rekor dunia Tari Poco-Poco, Minggu (5/8/2018) pagi, di Silang Monas Jakarta. Sosok pemimpin atau presiden RI pertama, Ir Soekarno, melintas di pedestrian Monas dan mengundang perhatian pengunjung.

Tentu saja, sosok tersebut bukanlah mendiang proklamator dan presiden RI pertama, Ir Soekarno, melainkan adalah Soegiono, kakek berusia 76 tahun yang menggunakan busana seperti Soekarno. Pada momentum bulan Agustus yang penuh memori bersejarah bagi banga Indonesia, Soegiono menyatakan dirinya sengaja mengenakan seragam tokoh atau pahlawan nasional. Sosok Soekarno menjadi pilihannya.

“Saya berpenampilan tentang sejara RI 1 yang pertama. Kebetulan saya pakai jas saja, sudah banyak yang bilang, ‘eh, kamu kayak Pak Karno.’ Nah dari situ akhirnya saya lihat di Pasar Baru ternyata ada seragam ini, langsung saya beli,” ungkapnya.

Banyak warga yang beraktivitas di seputaran Monas memperhatikan tingkah laku Soegiono yang berpakaian ala Soekarno itu. Namun, bagi kakek kelahiran Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah itu, pandangan mata yang tertuju kepadanya tak menurunkan kepercayaan dirinya.

“Itu kebanggaan saya tersendiri, dan saya tanpa pamrih,” tutur pria kelahiran 3 Oktober 1942.

Bahkan untuk menambah kemiripan dengan sang idola, Ir Soekarno, Soegiono melengkapi dirinya dengan tongkat komando seperti yang kerap dibawa presiden RI pertama itu. Tongkat berwarna hitam yang digenggam Soegiono adalah hasil karyanya sendiri.

“Ini saya buat sendiri, saya ukir-ukir sendiri dan dianggap mirip. Yang penting mirip bener kata masyarakat lain,” ujar dia.

Melewati masa tujuh presiden dan tiga orde pemerintahan, Soegiono masih menginginkan melihat Indonesia yang benar-benar makmur dan sejahtera. Dia pun berharap pemimpin negeri ini di masa depan dapat mewujudkannya.

“Saya pinginnya Indonesia maju,” jawabnya singkat kepada RRI.

Pada Minggu pagi, suasana silang Monas memang sedikit berbeda dari biasanya. Masyarakat yang hendak beraktivitas harus menunggu terlebih dahulu acara pemecahan rekor dunia Tari Poco-Poco yang diikuti 61.000 lebih peserta dan dicatat oleh lembaga rekor Guinness Book World of Record.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo, sempat mengucapkan selamat atas pemecahan rekor dan berharap bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kuat.

“Selamat berpoco-poco. Semoga kita semua sehat dan bangsa ini menjadi sehat dan kuat,” tandas presiden. (ros/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00