• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Polda NTB Gencar Razia Kendaraan, Untuk Menekan Kasus Pelanggaran

21 July
10:31 2018
0 Votes (0)

KBRN, Mataram : Ditlantas dan Satlantas se Jajaran Polda NTB, masih terus gelar operasi rutin, berupa razia kendaraan roda dua, dengan prioritas  penindakan atas 3 pelanggaran  yaitu tidak menggunakan helm, anak di bawah umur, dan melawan arus.

Dirlantas Polda NTB, KBP Arman Achdiat, SIK, M.Si, kepada RRI, Sabtu (21/7/2018) pagi menegaskan razia rutin penertiban dilakukan pagi, sore dan malam hari, guna memberitakan pelajaran kepada masyarakat, agar taat hukum dalam berlalulintas saat mengendarai kendaraan di jalan raya.

“Berdasarkan data yang masuk sampai, Rabu (18/7/2018) terdapat 471 penindakan kendaraan roda dua diseluruh jajaran Polda NTB, belum termasuk data hasil penilangan sampai dengan hari ini,” ujar Dirlantas, KBP, Arman Achdiat.   

Arman,  mengatakan  penanganan penindakan terhadap 3 pelanggaran prioritas merupakan arahan Kapolda NTB, Irjen (Pol) Achmat Juri, M.Hum. Dimana prioritas penindakan salah satunya masyarakat pengendara kendaraan yang masih dijumpai banyak yang tidak menggunakan helm pengamanan, termasuk anak-anak dibawah umur.

"Masih banyak  dijumpai anak-anak yang  diberikan izin orang tuanya untuk mengendarai sepeda motor, dan yang melawan arus. Kalau hal ini dibiarkan, kata Kapolda, di khawatir hal  ini, akan menjadi budaya yang tidak baik di tengah masyarakat NTB" ucapnya.

Lebih lanjut, mantan Kapolres Karawang Jawa Barat ini menekankan bahwa dalam penindakan yang dilakukan oleh para petugas, tetap mengedepankan prinsip humanis.

"Di satu sisi, Polisi harus tegas, di sisi yang lain, Polisi Khususnya Polisi Lalu lintas harus tampak ramah dan bersahabat saat bertugas di jalan.

Tetapi, keramahan Polisi lalulintas itu, tentu harus dipahami oleh masyarakat bahwa semua tindakan penekanan penanganan 3 pelanggaran prioritas tersebut tetap dilakukan untuk merintis atau memulai budaya berkendaraan di NTB ini agar taat hukum  dan  aturan lalulintas di jalan raya " harap KBP Arman Achdiat.

Hasil pantauan RRI, Jumat (20/7/2018) sore, saat razia di Kawasan KTL Jalan Langko depan Polres Mataram, memang diakui  masih banyak dijumpai para pengendara kendaraan roda dua  yang tidak menggunakan helm. Seperti yang terlihat pada gambar diatas, seorang Polwan dari Sat Lantas Polres Mataram memberhentikan dan memeriksa  seorang ibu  pengendara  sepeda motor yang berboncengan  tidak  menggunakan helm.

Sementara itu, Ditlantas Polda NTB dan seluruh jajaran Satlantas se Polda NTB secara berkala masih terus melakukan kegiatan pembinaan dan sosialisasi kepada masyarakat, melalui sekolah, tempat ibadah, maupun di pusat-pusat keramaian masyarakat. Hal ini tiada lain untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, agar taat  hukum dalam memahami aturan berlalulintas di jalan raya demi keselamatan dalam berkendaraan. (ZA/AA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00