• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Polda Kalteng Minta Netizen Bijak Pergunakan Medsos

20 July
19:35 2018
0 Votes (0)

KBRN, Palangka raya : Polda Kalimantan Tengah meminta warga masyarakat terutama pengguna medsos atau netizen untuk bijak dan cerdas menggunakan media sosial. Walau sering terkesan menjadi ruang pribadi dan ruang privat mengumbar dan memprosting tulisan, foto, video atau gambar yang belum terbukti kebenaranannya sudah termasuk interaksi di ruang publik atau ruang bersama.

Hal ini disampaikan Kabid Humas Polda Kalimantan Tengah, AKBP Hendra Rohmawan kepada RRI. Dijelaskan Hendra , masyarakat perlu memahami bahwa apa yang diunduh dan disebarluaskan atau ditulis di media sosial adalah ruang publik atau ruang bersama walau merupakan tulisan bertendensi pribadi. Kabid Humas Polda Kalteng juga mengingatkan penggunaan ruang publik untuk menyebar segala tulisan gambar, postingan dan video memiliki dampak dan pengaruh yang luas dan harus dipertanggung jawabkan. Media sosial memiliki cakupan yang lebih luas dari lingkungan keluarga atau lingkungan RT.

“Segala tulisan dan postingan yang bersifat menyesatkan akan cepat menyebar, dikomentari dan mendapat tanggapan dari netizen lain yang berada di lokasi yang sangat jauh”, jelasnya.

Lebih jauh Kabid Humas Polda Kalimantan Tengah, mengingatkan mengenai UU ITE dan ujaran kebencian. Seseorang dapat diminta pertanggung jawabannya menulis, menyebar dan menggandakan postingan dan tulisannya di media sosial yang menciptakan huru hara, kerusuhan, keresahan dan gangguan kamtibmas. Dalam hukum dan UU telah diatur ancaman hukuman seberat enam tahun penjara kepada oknum yang menulis hoax atau provokasi dan ujaran kebencian. (NATA/AA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00