• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Arkeolog Temukan Makara dan Kepala Kala di Situs Adan-adan Kediri

19 July
20:58 2018
1 Votes (5)

KBRN, Kediri: Sejumlah arkeolog dari Pusat Arkeologi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menemukan benda bersejarah berupa Makara Sudut dan Kepala Kala di Situs Adan-adan, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri.

"Oleh karenanya, sekarang kami mengadakan sosialisasi hasil penelitian ini. Lantaran memang ada banyak situs di Kabupaten Kediri, yang menyimpan benda bersejarah," kata Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri, Adi Suwignyo, saat menghadiri Sosialisasi Hasil Temuan Tim Pusat Arkeologi Nasional Kemendikbud RI, di Situs Adan-Adan, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, Kamis (19/7/2018).

Menurut Adi, agenda ini digelar untuk mengenalkan kepada maayarakat tentang hasil penelitian tahap ketiga oleh Tim Arkeologi Nasional di situs bersejarah ini. Salah satunya, ditemukan sebuah Makara dan Kepala Kala. Bahkan terbukti,hasil penemuan itu berukuran lebih besar dibanding yang ada di Candi Borobudur.

"Dari berbagai temuan ini, diketahui bahwa Kabupaten Kediri benar-benar memiliki benda peninggalan bersejarah, terutama Kediri ini sebagai salah satu kerajaan tertua di Indonesia," ujarnya.

Dia berharap, dari besarnya perhatian Pemerintah Pusat terhadap sejarah dan perkembangan budaya di Situs Adan-adan Kediri ini, maka ke depan area bersejarah ini dapat dibangun maksimal sebagai salah satu destinasi wisata.

"Pada masa mendatang, kami juga bekerja sama dengan pihak terkait untuk meneliti ulang Candi Gempur, yang ada di Situs Adan-adan ini. Semoga ke depan, area bersejarah ini bisa  menjadi destinasi wisata bagi masyarakat," katanya.

Sementara itu, di lokasi yang sama, Sukawati Susetyo, Ketua Pelaksana Ekskavasi Situs Adan-adan di Kediri, menyebutkan, bahwa temuan benda bersejarah pada kali ini akan ditindak lanjuti pada penelitian berikutnya, yakni sebelum akhir tahun 2018.

"Hal ini mengingat, konon pada masa penjajahan Belanda, banyak orang Belanda melihat di lokasi ini merupakan bangunan candi yang berukuran sangat besar. Jadi bisa diperkirakan ada banyak benda bersejarah yang dapat diteliti," katanya.

Dari hasil temuan yang ada ini, berbagai Makara dan Kepala Kala tersebut bakal dibersihkan dan diangkat di atas tanah. Tepatnya kurang lebih diletakkan sekitar 1 meter dari dalam tanah dan akan ditutup kembali sebagai upaya pengamanan.

Melalui hasil temuan ini, pihaknya memperkirakan, bahwa di Situs Adan-adan ini kuat dugaan merupakan Candi peninggalan pada masa Kadiri Kuno atau masa yang lebih tua lagi. (ac/AA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00