• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Ratusan Seniman Ikuti Festival Candi Sojiwan di Prambanan

16 July
06:13 2018
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta: Ratusan seniman dari  Kabupaten Klaten dan Banjarnegara Jawa Tengah serta Bandung Jawa Barat, mengikuti  Festival Candi  Sojiwan ke-4 , di Komplek Candi Sojiwan Desa Kebondalem Kidul Kecamatan Prambanan Klaten, Senin (16/7/2018).

Penanggungjawab kegiatan yang juga Camat Prambanan, Suhardi di sela-sela kegiatan mengatakan, festival yang digelar selama dua yakni tanggal 15 dan 16 Juli itu melibatkan ratusan seniman dari berbagai kelompok seni tari dari 13 sanggar tari.

“Festival Candi Sojiwan tersebut selain untuk memotivasi seniman, juga untuk melestarikan budaya adiluhung khususnya seni tari, sekaligus menggali dan menumbuh kembangkan kesenian atau seni pertunjukan di wilayah di Klaten dan sekitarnya,” terangnya kepada wartawan.

Sementara itu, Asisten Dua Setda Klaten Purwanto AC menyampaikan apresiasinya digelarnya Festival Candi Sojiwan  tersebut. Pihaknya berharap ke depan desa wisata di Kebondalem Kidul semakin dikenal , yang pada gilirannya akan meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Di sisi lain, Ketua Panitia, Muhammad Mabrur Dewantara mengatakan, Festival Candi Sojiwan 4 merupakan agenda tahunan,  diawali dengan karnaval budaya dan potensi desa yang diikuti 11 RW, melibatkan sekitar 400 orang. (YON/YYW/NYP).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00