• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

RRI Padang, Wadah Melahirkan Kreasi Seni Budaya Daerah

14 July
23:46 2018
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Radio Republik Indonesia melalui siarannya memberi ruang bagi masyarakat untuk melestarikan seni budaya  dalam tatanan kehidupan bermasyarakat. Terbukti, lebih dari 20 persen siaran RRI mengacu pada upaya mempertahankan sekaligus mengembangkan seni tradisional daerah, bahkan dari empat saluran RRI, salah satunya fokus pada upaya dedikasi serta informasi bernuansa seni budaya tradisional. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Dewan Pengawas LPP RRI, Dwi Hernuningsih pada Pagelaran Budaya dan Pesta Olahraga FIFA World Cup 2018, kerjasama RRI Padang-RRI Bukittinggi dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, Sabtu (14/7/2018).

Dikatakan, banyaknya gempuran budaya asing dewasa ini menuntut adanya upaya penguatan dari berbagai pihak, salah satunya penguatan yang dilakuan RRI dengan menggandeng institusi pendidikan seperti ISI Padangpanjang. Bagaimana RRI mampu memberikan ruang yang lebih luas kepada lembaga pendidikan untuk berkreasi, menghasilkan karya-karya budaya yang dapat dinikmati masyarakat daerah.

Hal lain yang tidak kalah penting menurut Dewas LPP RRI Padang, Dwi Hernuningsih adalah keharmonisan berbagai unsur dalam pengembangan dan pelestarian kesenian budaya daerah.

''ISI Padangpanjang selaku institusi pendidikan di daerah sudah siap dengan SDM dan karya-karya seni yang dihasilkan, demikian halnya RRI selaku media publik sudah menyiapkan ruang berkreasi bagi putra putri daerah,'' paparnya.

Untuk pengembangan berikutnya dibutuhkan kepedulian dan partisipasi pengusaha  di daerah selaku donator penyokong dana. Jika ketiga unsur tersebut saling mendukung satu sama lain, bukan tidak mungkin ke depannya lahir karya –karya seni bernilai tinggi dari Sumatera Barat, khususnya  dari Kota Padang dan Padangpanjang.

Hal senada disampaikan Rektor ISI Padangpanjang, Prof. Drs. H. Novesar Jamarun yang berharap  adanya upaya kesinambungan dalam upaya pelestarian seni budaya. RRI melalui siarannya yang menembus  berbagai pelosok daerah dapat menjadi jembatan penyebarluasan informasi dan karya-karya seni yang dihasilkan anak-anak didiknya. Secara tidak langsung RRI menjadi corong penyebarluasan  informasi dan mendedikasi masyarakat agar mencintai seni budaya daerah. (sd/WDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00