• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Tangis Bahagia Warga Warnai Saat Proses Rutilahu Program TMMD Ke 102 Kodim 0605 Subang

13 July
08:54 2018
0 Votes (0)

KBRN, Subang: Masyarakat Desa Cirangkong Kecamatan Cijambe Kabupaten Subang, yang terdampak oleh kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), khususnya yang rumahnya direhab, akibat tidak layak huni, mengaku senang dan bahagia, sehingga hampir semua warga masyarakat yang rumahnya terkena rehab rumah tidak layak huni (Rutilahu), menangis, karena bahagia.

Lilis (42),  rumah orang tuanya Rakhmid yang terletak di Kampung Banjaran Tengah RT07/02 Desa Cirangkong mengaku senang dan bahagia, karena kondisi rumah orang tuanya itu sudah lapuk, gentingnya banyak yang bocor, ketika musim hujan, padahal dirinya berharap dari dulu, ada pihak yang mau membantu merehab rumah orang tuanya itu, maka dengan adanya Kegiatan TMMD yang dilaksanakan Kodim 0605 Subang, bersyukur TNI bisa membantu merehabnya. 

"Alhamdulillah, akhirnya rumah Bapak saya ini, (Rakhmid) bisa direhab juga, terima kasih Bapak-bapak TNI dan semua pihak yang sudah banyak membantu atas direhabnya rumah Bapak saya ini," tutur Lilis kepada Radio Republik Indonesia di Subang, Jum'at (13/7/2018).

Lilis mengatakan, rumah Bapaknya itu, sudah berusia di atas 25 tahun, sehingga sudah banyak bagian atap bahkan badan rumah yang sudah rusak dan Bapaknya itu tidak sanggup merehabnya, karena harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, apalagi hanya bermata pencaharian petani, terlebih dirinyapun hanya seorang janda dan hidup numpang dengan orang tua.

"Usia rumah Bapak ini, sudah lebih dari 25 tahun, ya pantas saja sudah banyak yang lapuk dan Bapak tidak sanggup untuk memperbaikinya sendiri, karena tidak mempunyai uang, hanya sebagai petani kecil pak, dan Saya sendiri seorang janda, sekali lagi, saya ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Pak Dandim, yang sudah sudi merehabnya," ujarnya.

Sementara itu, Rakhmid (80) hanya bisa berujar sambil meneteskan air mata, karena bahagia yang tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata.

"Ya hatur nuhun Bapak TNI dan Pemkab Subang (terima kasih Bapak TNI dan Pemkab Subang yang sudah sudi dan berkenan merehab rumah Saya yang mau roboh ini," ucapnya.

Sementara itu, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0605 Subang, Letnan Kolonel (Letkol) Infanteri Fikri Ferdian menyatakan, rehab rumah tidak layak huni ini, merupakan program yang dibiayai oleh Pemkab, Kodim di sini hanya melaksanakannya dan TNI hanya membantu tenaga bagaimana rumah warga yang terdapak rutilahu ini, bisa terwujud, dengan dibantu swadaya TNI dan masyarakat dalam Kegiatan TMMD ke 102 ini dan Kodim melakukan rehab Rutilahu sebanyak 10 unit rumah, milik warga yang tidak mampu.

"Kita hanya menjalankan tugas untuk membantu masyarakat dan Pemerintah daerah, apa yang Kami (TNI) lakukan, merupakan amanat Undang-undang TNI," jelas Letkol Fikri.

Fikri  mengatakan dengan kegiatan TMMD ini, bertujuan agar lebih mendekatkan lagi TNI dengan Rakyat, karena TNI lahir dari Rakyat, oleh Rakyat dan untuk Rakyat, sehingga diharapkan kegiatan TMMD ini, bisa menyentuh langsung ke masyarakat, agar tepat sasaran dan mampu mencapai target. (RE/Evie). 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00