• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Penyebab Harga Telor Naik Versi Peternak

13 July
08:09 2018
0 Votes (0)

KBRN, Banyumas : Naiknya harga telor di Banyumas dan sejumlah wilayah lainya dalam satu pekan terakhir, terjadi mulai dari tingkat peternak. 

Salah satu peternak asal Gumelar Banyumas, Waryono mengatakan kenaikan harga ini terjadi sejak satu pekan, dipengaruhi oleh dua factor utama. Harga telor naik dari Rp 20 ribu menjadi Rp 25 ribu perkilogram.

Faktor pertama, akibat harga pakan terus melambung tinggi dalam satu bulan terakhir.  Faktor kedua, yakni berkurangnya bibit ayam petelor dari pabrik penyedia bibit. Dengan kondisi ini, mau tidak mau dirinya sebagai peternak menaikan harga telor.

“ Penyebabnya pertama, karena stok ayam, informasinya yang ada di Surabaya lagi sedikit. Terus sebelumnya harga jual Rp 25 ribu, kami jualnya pada kisaran Rp 20 ribu perkilogram,”kata Waryono.

Sementara itu, Ketua Persatuan Peternak Unggas Indonesia (PPUI) Banyumas, Gembong Hardiato Nugroho mengatakan naiknya harga telor disebabkan oleh kebijakan Pemerintah yang membatasi bibit induk ayam atau  grand parent stock (GPS) dan induk (parent stock/PS) masuk ke Indonesia,  sejak tahun 2017. 

Kebutuhan GPS dan PS di Indonesia, tidak bisa diimbangi dengan ketersedian di dalam negeri. Permintaan yang tinggi dan terus tumbuh. Gembong mencotohkan untuk wilayah Banyumas, dalam seminggu dibutuhkan 200 ribu PS, namun hanya dipenuhi sekitar separuhnya. 

Selain itu, menurut Gembong dampak dolar yang melambung tinggi, menyebabkan harga pakan ikut  naik. Sejumlah kompenan pakan jadi,  berasal dari impor. Kenaikan pakan ini, mulai Rp 150-  Rp 250 perkilogram. 

“Kemarin,  untuk pakan ternak sudah mengalami kenaikan, karena harga dolar yang juga naik. Nah kalau cerita harga dolar urusanya dengan pakan. Hampir semua bahan baku pakan diimpor, contohnya jagung kekurangan yah impor. Tepung tulang dan daging, dari Inggris itu juga diimpor,”kata Gembong di Purwokerto.

Sementara itu, pantuan RRI, pada hari Jumat (13/7/2018) harga telor di Pasar Manis Purwokerto dijual pada kisaran Rp 29 ribu perkilogram. Sebelumnya, harga telor pada kisaran Rp 26 ribu perkilogram. (RA/Evie). 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00