• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olahraga

Zohri Membuat Menpora Merinding

12 July
22:19 2018
2 Votes (5)

KBRN, Jakarta: Lalu Muhammad Zohri mengukir prestasi di Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Tampere, Finlandia dengan merebut emas pada nomor bergengsi lari 100 meter putra dan mencatatkan waktu 10,18 detik dengan mengalahkan dua pelari dari Amerika Serikat,  serta pelari Afrika Selatan, Thembo Monareng. Dalam website IIAF dinyatakan, bahwa pria berusia 18 tahun tersebut menjadi pelari asal Indonesia pertama yang membawa pulang trofi ajang bergengsi tersebut. 

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi mengatakan rasa bangganya saat ditemui dalam Forum Merdeka Barat 9, Kamis (12/7/2018) di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah. Baginya kejayaan yang didapat Zohri membuatnya terdiam sejenak kagum hingga merinding. Imam Nahrawi mengenalnya sebagai seorang yang tekun dengan begitu banyak hal yang dilewati pemuda asal Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut. Tidak diduga akan juara, panitia setempat tidak menyiapkan bendara Merah Putih untuk dikibarkannya di podium juara. Lebih dari itu, Imam Nahrawi mengaku lebih bangga,  ketika memastikan bahwa Indonesia memiliki pelari muda tercepat di dunia.

"Saya merinding melihat Zohri seorang yatim yang berasal dari kampung banget di NTB sana tapi karena ketekunannya dia direkrut di PPLP, Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar di NTB sana yang dibiayai oleh Kemenpora, dan ketika berangkat pun tentu banyak dinamika tidak hanya terjadi pada Zuhri tapi juga atlet yang lain mulai soal alat kemudian juga official dan bahkan terkakhir bendera tapi yang paling bersejarah adalah Zuhri menjadi pelari tercepat dunia yang dimiliki Indonesia itu yang perlu kami syukuri dan kami akan menjemputnya nanti di bandara kami juga siapkan bonus paling tidak bonus beasiswa karena kita tahu bahwa Zuhri berasal dari keluarga yang betul-betul perlu kehadiran pemerintah," curahnya.

Aksi pemuda tersebut juga nantinya,  akan ditunggu untuk membawa medali emas pelari cepat bagi ibu pertiwi dalam Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta dan Palembang. Berbekal mengalahkan Anthony Schwartz dan Eric Harrison dengan catatan waktu keduanya 10,22 yang juga merupakan kebangsaan Amerika serikat. Sementara urutan ketiga,  ditempati oleh pelari Afirka Selatan, Thembo Monareng dengan 10,23 detik. Sebelumnya ia juga tampil mewakili Asia setelah menang pada Kejuaraan Asia U-20 yang berlangsung Juni lalu. Saat itu, pria kelahiran 1 Juli 2000 tersebut hanya mampu mencatat waktu terbaik, 10,27 detik. (ICP/Evie).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00