• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Lebaran, Kantor Pos Kediri Catatkan Kenaikan Transaksi 'e-commerce'

13 June
18:50 2018
0 Votes (0)

KBRN, Kediri : Menjelang Lebaran 1439 Hijriah, Kantor Pos Besar Kediri mencatatkan kenaikan angka transaksi 'e-commerce', seiring bertambahnya kebutuhan masyarakat terhadap layanan yang serba mudah dan praktis.

Menurut Herman Hoedoyo, Kepala Kantor Pos Besar Kediri, pada kondisi normal volume barang di Kantor Pos Kediri hanya mencapai 11.000 barang. Namun jelang lebaran tahun ini, angkanya naik menjadi 15.000 barang.

"Paket ini jenisnya beragam, ada yang berupa pakaian, parcel, dan lainnya," kata Kepala Kantor Pos Besar Kediri, Herman Hoedoyo, saat memantau pengiriman paket di Kantor Pos Besar Kota Kediri, Rabu (13/6/2018).

Namun, ungkap dia, pada umumnya alamat tujuan pengiriman barang tersebut masih di wilayah Provinsi Jawa Timur. Yang mana, peningkatan pengiriman sebesar 35 persen dari kondisi normal ini, rata-rata disumbangkan oleh industri kecil menengah (IKM).

"Faktor penyebabnya, hal ini karena transaksi via elektronik semakin meningkat sampai sekarang," katanya.

Untuk peningkatan animo IKM, tambah dia, terutama yang terlihat dari transaksi elektronik ini, juga dipengaruhi upaya Kantor Pos dalam menerapkan sistem pick up atau jemput bola. Khususnya terhadap barang-barang kiriman konsumen.

"Akhir-akhir ini, tempat pengiriman tersebut sudah menjangkau hingga per kecamatan," katanya.

Misalnya saja, lanjut dia, di Kecamatan Plosoklaten, ada pelanggan Kantor Pos yang mengirimkan ikan hidup ke luar Kediri. Untuk menerapkan program ini, pihaknya mengoptimalkan para karyawan mulai dari tingkat kabupaten hingga kecamatan.

"Karyawan tersebut sampai sekarang tidak libur, hanya off pada tanggal 15 dan 16 Juni saja," katanya.

Dia meyakini, dengan demikian kalaupun hari ini ada pengiriman barang maka untuk wilayah Jawa Timur bisa sampai di lokasi pada H+1 lebaran. Tapi pengiriman menggunakan kilat khusus maksimal waktu sampai adalah H+2 lebaran.

"Mengenai tarif, memang sangat terjangkau, misalnya untuk korporasi yang sudah bekerja sama dengan Kantor Pos, maka tarifnya berlaku Rp 4.000, sedangkan tarif umum Rp 16.000," katanya. (ac/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00