• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Nikmatnya Mie Toprak Solo, Manjakan Lidah Pemudik

10 June
22:29 2018
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta: Ketika mendengar Kata Bakmi Toprak, langsung teringat salah satu nama kuliner yang banyak dijumpai di Kota Solo. Makanan berbahan dasar bakmi ini menjadi menu yang sangat nikmat jika dinikmati malam hari.

Bagi pemudik yang melintas di Kota Bengawan, sudah selayaknya mencicipi menu ini. Selain harganya murah, rasanya pas di lidah. Racikan Mie Ketoprak khas Solo ini berisi 12 macam bahan makanan, kemudian campur dengan kuah dengan bumbu asli dari Solo.

Salahsatunya Bakmi Ketoprak Yu Nani yang keberadaannya sudah ada sejak tahun 1950. Warung bakmi ini berada di Belakang SDN Kartopuran. Bahkan Selama ini menjadi langganan para pemudik sesampainya di Kota Solo.

"Mie kethoprak ini ada 12 macam bahan makanan yang di siram kaldu sapi. Seperti Mie Ketoprak Betawi yang di siram kuah kacang," ujar Yuyun Anik Kristyaningsih, Pengelola Warung Bakmi Ketoprak generasi ke tiga, saat ditemui RRI di Jalan Pandu Dewanata, Kartopuran, Serengan, Minggu (10/6/2018).

Adapun isi makana Mie Toprak ini antara lain, daging sapi, jikil, tempe, tahu, bakmi kuning, miehun putih, kacang goreng, cakwe, dan kobis. Bakmi Toprak Yu Nani untuk satu Porsi di bandrol Rp 17.000. Dalam sehari, kedai Bakmi ini mampu menjual 200 porsi Mie Kethoprak.

Ternyata Warung Mie Toprak ini sudah dirintis puluhan tahun silam oleh salah seorang bernama Nani. Awalnya mie toprak dibuka di kantin sekolah. Saat itu Ny.Nani bekerja sebagai tukang kebun di SD Kartopuran. 

"Eyang saya menjual Bakmi Ketoprak di dalam sekolah, lalu setelah pensiun pihak sekolah menyuruhnya berjualan di luar. Kemudian mendirikan warung nempel di tembok belakang sekolah tidak berubah dari pertama sampai sekarang," beber Yuyun.

Selain Mie Ketoprak Yu Nani, masih banyak Mie Ketoprak lain yang tak kalah terkenal di Kota Solo. Di antaranya Bakmi Ketoptak Mbak Sri di Jalan Gatot Subroto. Kemudian Bakmi Kethoprak jalan Dr.Wahidin dekat SD Tamirul Islam yang tak kalah mak nikmat dan warung Mie Toprak jalan RM Said. 

Semua kuliner itu dijamin buka saat libur lebaran. Karena mereka juga akan menyambut Pemudik yang ingin memanjangkan lidah dengan hidangan menu yang khas. 

Soal harga bervariasi. Alangkah baiknya penikmat kuliner, cek harga sebelum memesan makanan. Selamat menikmati kuliner kota Solo. (Fatimah/Mi/AKS)
 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00