• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Jaksa Menyapa

Cegah Pungli, Kejari Brebes Lakukan Upaya Preventif

8 June
11:39 2018
2 Votes (5)

KBRN, Brebes : Kasi intel Kejari Kabupaten  Brebes  Anang Suhartono, SH menegaskan pengertian pungli, adalah  pungutan yang diminta seseorang tanpa ada dasarnya. Dalam dialog Jaksa Menyapa di Programa 1 RRI Purwokerto  Kamis ( 7/5/2018 ) dengan topik Sosialisasi soal pungutan liar beserta dampaknya , Anang juga  mengungkapkan, biasanya perbuatan pungli ada dua , dilakukan oleh seseorang swasta atau oleh PNS .

Jika oleh umum masuk perbuatan pemaksaan namun kalau oleh PNS masuk katagori korupsi dan misalnya jika penarikan uang dari sekolah  dasar hukum atau kesepakatan diperbolehkan, “ ungkap Anang.

Masih menurut  Kasi Intel Kejari Brebes  Anang Suhartono , SH  hingga kini di lingkungan Kejari Brebes belum ada kasus pungli yang dilaporkan karena masih dalam program pencegahan, atau prefentif. 

Siapapun bila memiliki bukti adanya perbuatan pungli bisa  dilaporkan ke tim saber pungli yang juga sudah dibentuk “ tambah Anang.

 Sementara itu Jaksa fungsional intelijen Kejari Brebes Satya Adhi, SH    menambahkan, setiap laporan perbuatan pungli harus ada bukti seperti ada video penyerahan uang, foto foto juga bisa disertakan.

“Intinya  untuk sumbangan di sekolah sekolah yang kerap dikritik  sesungguhnya jika ada kesepakatan antara pihak skeolah dengan komite sekolah sepanjang tidak mengikat untuk menarik uang dari orang tua murid tidak masuk pungli,“ tegas Satya Adhi.

Menurut Satya Adhi,  apapun bentuknya memang sumbangan orang tua ke sekolah harus ada bukti kesepakatan sekolah dengan komite sekolah , kalau tidak ada berarti para orang tua wali murid tidak wajib membayar sumbangan . .

Sejumlah penanya dalam dialog  Jaksa Menyapa yang dipandu Robin Abdulrahman diantaranya menyoroti soal masih adanya pungli berupa calon dalam pelayanan seperti pembuatan SIM, pembuatan KTP  dan lainnya menanyakan mekanisme pelaporan kemana dan caranya . Kedua Jaksa tegas menanggapi ,apapun bentuknya percaloan tetap melanggar dan masuk katagori pungli .

Kejari Kabupaten Brebes kata Setiyadi juga kerap memberikan peringatan beberapa kali kepada sejumlah oknum yang kerap melakukan pungli  agar jera namun bila beberapa kali maish melakukan tetap akan dilakukan  tindakan tegas sesuai jalur hukum.(IND/AA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00