• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

200 startup Indonesia diharapkan ikut ASEAN Rice Bowl Startup Award

8 June
01:54 2018
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Acara penghargaan untuk para pemilik startup bertajuk “ASEAN Rice Bowl Startup Awards”, kembali digelar. Ini merupakan ajang bergengsi yang ke-empat kalinya untuk memberikan apresiasi pada startups ASEAN yang terbaik.

Rice Bowl Startup Awards yang diselenggarakan oleh New Entrepreneurs Foundation (NEF) yang berpusat di Malaysia ini akan berlangsung dalam dua tahap, yaitu nasional dan regional. Semua perusahaan Indonesia yang dibangun dalam jangka lima tahun terakhir, bisa mendaftar paling lambat pada 31 Juli 2018. Nantinya pemenang berhak mewakili Indonesia di ASEAN Rice Bowl Startup Awards yang akan berlangsung pada Oktober 2018 di Bali. 

“Lewat ajang ini, kita ingin mendorong semangat berinovasi serta kewirausahaan di komunitas startup. Kita berharap bisa mendapatkan startups yang “distruptive”, dan berpotensi membesar di tingkat ASEAN, serta mampu menyumbang pada GDP atau Produk Domestik Bruto negaranya masing-masing,” kata Liliana, Founder NEF Malaysian Enterpreneur.

Ditahun sebelumnya, ASEAN Rice Bowl Startup Awards diikuti 1000 peserta dari seluruh negara di Asia Tenggara ikut berlomba menjadi yang terbaik di  15 kategori.  Sejumlah startups  yang pernah menjadi juara diantaranya adalah Gojek (Indonesia), Grab (Singapura), Eatigo (Thailand), Star Ticket (Myanmar), QuikWire (Philippines) dan Zoom (Malaysia).

Untuk mencari pengusaha startup terbaik di Indonesia, proses seleksi dilakukan oleh The Winner Institute yang menjadi mitra lokal NEF, serta akan menggandeng Connext Coworking Space by Marquee, Asosiasi Tech Startup Indonesia (Atsindo) dan Asosiasi Digital Entrepreneur Indonesia (ADEI).

CEO The Winner Institute,  Frans Budi Pranata berharap, setidaknya ada 200 startup Indonesia yang bisa ikut serta di ajang bergengsi ini. Karena awards ini akan menjadi batu loncatan bagi pengusaha startup Indonesia untuk berkiprah di kancah dunia. “

“Pemenang ASEAN Rice Bowl Awards ini nantinya akan menjadi perwakilan Asean untuk bertanding dengan pemenang dari ajang serupa seperti Nordic Startup Awards, Central Europe Startup Awards, South Asia Startup Awards dan South Africa Startup Awards  di acara Global Startup Awards 2019. Sehingga ini bisa memberi jalan pada startups dari Indonesia untuk bersaing di peringkat global,” pungkas Frans. (Satrio/ARN)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00