• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Masyarakat Miskin di Beltim Dapat Bantuan Hukum Cuma-Cuma

16 May
20:21 2018
0 Votes (0)

KBRN, Manggar : Warga kurang mampu di Kabupaten Belitung Timur akan diberikan bantuan hukum secara cuma-cuma. Bantuan diberikan dari mulai awal penanganan perkara hingga sampai putusan hukum (inkrah) pengadilan.

Bupati Beltim Yuslih Ihza mengatakan, Pemkab Beltim baru saja menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan Perkumpulan Lembaga Pusat Dukungan Kebijakan Publik Bangka-Belitung (PDKP Babel). Perjanjian ini merupakan tindak lanjut Nota Kesepahaman (MoU) pada 2015 lalu.

“Alhamdulillah, kita dapat melanjutkan MoU ke tahap Perjanjian. Setiap masyarakat kurang mampu di Kabupaten Beltim akan memperoleh bantuan hukum dalam penanganan perkara  yang  dihadapi,” ungkap Yuslih, Rabu (16/5/2018).

Bantuan yang diberikan untuk seluruh proses hukum pidana maupun perdata. Syaratnya pihak yang sedang berperkara mengajukan permohonan bantuan ke Bupati Beltim melalui Bagian Hukum Sekretariat Daerah.

“Warga kita tinggal ngajukan permohonan dan melampirkan surat keterangan kurang mampu. Siapa pun dia, asal ber KTP Beltim dibantu,” ujar Yuslih.    

Sayangnya bantuan hanya diberikan bagi dua orang atau kelompok warga per tahun. Hal ini mengingat anggaran hanya diperuntukkan bagi dua kasus perkara.

Tahun 2017 lalu, malah tidak terpakai. Tapi kalau banyak masyarakat yang membutuhkan kita akan tambah lagi anggarannya,” kata Yuslih.

Sejak program bantuan ini dimulai pada tahun 2015 lalu, baru ada tiga orang warga yang mengajukan permohonan. Keseluruhan perkara yang ditangani adalah kasus pidana.

Dalam setiap penanganan perkara, Pemkab Beltim akan membayar Rp 7,5 juta untuk jasa pengacara dari Lembaga Bantuan Hukum. (BLT/SR/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00