• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Menkominfo: Penggunaan Medsos Tak Cerminkan Budaya Luhur Bangsa

16 May
19:54 2018
0 Votes (0)

KBRN, Palangka Raya : Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebut penggunaan media sosial di Indonesia tidak lagi mencerminkan predikat keluhuran dan keadiluhungan budaya dan adat bangsa.

Media sosial dirasa semakin tidak sehat dimana berbagai ujaran dan tulisan seperti setajam pedang dan tombak secepat peluru yang dimuntahkan menjatuhkan pihak lain.

Hal ini dipaparkan Menkominfo RI Rudiantara saat berkunjung ke Palangka Raya Rabu (16/5/2018).

Menteri pilihan Presiden Jokowi ini merasa prihatin dengan kondisi penggunaan media sosial di tanah air. Ia menyebut cara berkomunikasi orang Indonesia di media sosial dewasa ini sudah seperti orang berangkat perang. Berbagai ujaran dan tulisan seperti setajam pedang dan tombak secepat peluru yang dimuntahkan untuk menjatuhkan pihak lain.

Hadirnya media sosial tiba tiba membuat sema orang menjadi berani melontarkan pendapat yang bukan untuk mencari kebenaran namun hanya mencari pembenaran semata. Semua predikat keluhuran, jelas Menkominfo, dan keadiluhungan budaya dan adat bangsa selama ini seakan lenyap tak berbekas.

“Bahasa kasar yang eksplisit, nada kebencian, aura kemarahan dan caci maki setiap hari menghambur ke lini masa dan tembok media sosial,” tegasnya.

Menkominfo melihat cara berkomunikasi masyarakat sudah mengalami pergeseran dimana tak lagi sesuai dengan karakter luhur bangsa dan budaya Indonesia. Bahkan Menkoninfo memandang , media sosial juga telah bergeser kea rah yang tidak lagi sehat, produktif dan konstruktif.

Lebih jauh Menkominfo juga membeberkan sejumlah fakta dan data mengenai jumlah penggunaan internet dan media sosial masyarakat Indonesia. Dalam berbagai riset dan rilis, Indonesia menempati posisi atas penggunaan berbagai jejaring sosial seperti Instagram, Twitter dan Faceboook. MAsyarakat Indonesia dipandang merupakan penyokong utama tumbuhnya media sosil di dunia . Hal ini dinilai perlu penataan dan pengaturan sedimikian rupa agar komunikasi di media sosial tidak menjadi destruktif dan merugikan. (NATA/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Hot Topic

   

Deja Vu Sukacita Real Madrid

KBRN, Jakarta: Gelar juara Liga Champions siap diberikan kepada Real Madrid setelah mengalahkan Liverpool di Kiev, Minggu (27/5/2018). Selengkapnya di rri.co.id.

26 Pembaca Baca Selengkapnya
00:00:00 / 00:00:00