• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Serba Serbi Ramadhan

Bazaar Ramadhan Kediri Dorong Perluasan Pasar UMKM Lokal

16 May
19:48 2018
0 Votes (0)

KBRN, Kediri : Pelaksanaan bazaar ramadhan pada bulan puasa 1439 Hijriah diyakini mampu mendorong perluasan pasar UMKM lokal hingga ke kancah global.

"Pada perhelatan ini, kami membawa ribuan item produk unggulan UMKM se-Jawa Timur untuk dikenalkan kepada masyarakat luas, baik pasar lokal hingga wisatawan mancanegara," kata Pengelola Bazaar Ramadhan yang digelar 14 Mei 2018 pasca Lebaran mendatang, Yuni Ari Ekowati, di Grand Surya Hotel Kediri, Rabu (16/5/2018).

Yuni menjelaskan, aneka produk yang diperjualbelikan di momentum tersebut merupakan barang pilihan dan kualitas unggul. Apalagi, beragam produk ini telah diseleksi secara ketat.

"Ragam produk UMKM ini, di antaranya makanan ringan khas berbagai daerah di Jawa Timur, termasuk Kediri. Ada pula produk kerajinan tangan, mulai dari bahan kayu hingga sejumlah lukisan yang menyuguhkan suasana Kediri Tempo Dulu dan lukisan kaligrafi apik bernilai jutaan Rupiah," katanya.

Dia mencontohkan, dari sejumlah barang yang ditata apik tersebut, pada umumnya konsumen dari luar negeri cenderung meminati kerajinan tangan. Sementara, pembeli dari dalam kota lebih menggemari produk UMKM berupa mukena, jilbab motif lukis, makanan ringan, sambal, dan olahan cokelat.

"Kalau pembeli asing, seperti dari Jerman, Belanda, dan Singapura, biasanya suka produk UMKM yang berbahan natural. Misalnya alat pijat dan sendok nasi (centong) dari kayu, serta Kopi Luwak Hijau," katanya.

Sementara itu, dengan besarnya antusias konsumen dalam memadati bazaar tersebut, pihaknya meyakini, omzet yang dihasilkan setiap hari mampu mencapai jutaan Rupiah. Kondisi ini juga dipengaruhi loyalitas konsumen sejumlah negara, yang juga merupakan tamu di hotel berbintang tersebut.

"Umumnya, para tamu mancanegara ini lebih loyal. Kadang kalaupun ada uang kembalian, mereka tidak mau menerima. Bagi mereka, yang terpenting adalah kualitas barangnya bagus dan warnanya tidak mencolok," katanya.

Dia berharap, melalui kegiatan ini dapat mendukung ekspansi pasar UMKM ke sejumlah negara. Terlebih lagi, memang ada banyak pengunjung bazaar yang awalnya hanya melihat-lihat, pada akhirnya ketika tiba di negara asal justru memesan beraneka produk UMKM lokal. (ac/HF) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Hot Topic

   

Deja Vu Sukacita Real Madrid

KBRN, Jakarta: Gelar juara Liga Champions siap diberikan kepada Real Madrid setelah mengalahkan Liverpool di Kiev, Minggu (27/5/2018). Selengkapnya di rri.co.id.

26 Pembaca Baca Selengkapnya
00:00:00 / 00:00:00