• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

PLN Jabar Tambah Kapasitas Hingga 2.000 MVA

16 May
19:22 2018
0 Votes (0)

KBRN, Depok: PLN Regional Jawa Bagian Barat-RJBB menyelenggarakan peresmian beroperasinya proyek Gardu Induk (GI) dan Transmisi di GI Gandul, Kota Depok, Rabu (16/05/2018).

Proyek-proyek pembangunan yang digawangi oleh PLN Unit Induk Pembangunan Interkoneksi Sumatera Jawa (UIP ISJ), PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB), dan PLN Transmisi Jawa Bagian Barat (TJBB) ini, digadang-gadang akan memenuhi kebutuhan listrik yang semakin tinggi.

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat, Haryanto WS mengatakan dengan diresmikannnya proyek-proyek PLN dengan nilai tidak kurang dari Rp1.4 triliun, mulai dari 500Kv sampai dengan 150 KV. Pihaknya mampu meningkatkan pemenuhan kebutuhan pasokan listrik kepada masyarakat khususnya jelang bulan suci Ramadhan, Idul Fitri dan Asian Games dan MRT tahun 2019.

"Biasanya beban naik pada saat dan buka puasa, Insya Allah bisa berjalan dengan lancar. Kalau Iduk Fitri biasanya beban malah justru turun. Jadi itu bagi sistem malah baik. PLN siap untuk mengamankan hari raya Idul Fitri maupun bulan suci Ramadhan," kata Haryanto kepada RRI di GI Gandul, Kota Depok.

Lebih lanjut Haryanto mengatakan kalau bulan suci Ramadhan pada saat sahur dan buka puasa beban bisa naik kurang lebih satu sampai satu setengah kali lipatnya. Tapi dalam waktu yang singkat.

"Tapi nanti saat idul fitri beban bisa turun setengahnya dari beban biasa," katanya.

Listrik Sering Padam di Depok

Terkait dengan seringnya pemadaman listrik di daerah Kota Depok, Haryanto menjelaskan hal itu karena sering ada gangguan pada jaringan listrik tegangan menengah (distribusi) di pinggir jalan. Pihak terus berupaya untuk menurunkan gangguan ini, seperti misalnya di Jakarta pada triwulan kesatu ini gangguan di jaringan tegangan menengah ini sudah turun menjadi 20%.

"Jadi listrik ini kan dari mesin pembangkit jaringan transmisi (GI) dan juga jaringan dsitribusi. Jadi yang masih sering terjadi gangguan adalah jaringan distribusi yaitu yang ada di pinggir-pinggir jalan. Bisa kena ranting, pohon, angin dan hujan, yang memang masih sering terjadi," ungkap Haryanto.

Lebih jauh Haryanto menyebutkan dengan diresmikannnya proyek-proyek PLN ini daya mampu atau kapasitas terpasang PLN meningkat total mencapai 2.000 MVA. Artinya pihaknya mampu melayani tambahan permintaan pelanggan baru atau kenaikan beban mencapai 2.000 MVA.

"Selain cadangan yang sudah existing. Disamping itu jaringan baru ini juga untuk mengantisipasi pembangkit-pembangkit nanti seperti pembangkit Lontar dan Jawa 7. Transmisi dan GI harus dipersiapkan terlebih gahulu dari pada GI atau pembangkitnya," ungkapnya.

Pada acara peresmian ini PLN juga menyerahkan puluhan santunan kepada anak-anak yatim dari Yayasan Miftahul Ulum dan Yayasan Dompet Yatim Dhuafa.

Adapun proyek yang diresmikan dalam acara sukuran ini meliputi pembangunan GI dan Transmisi 500 kV dan 150 kV dengan nilai proyek keseluruhan sebesar Rp904,9 milyar, yaitu GITET 500 kV Gandul IBT#4, dengan kapasitas trafo 500 MVA beroperasi pada Mei 2018 dengan nlai proyek Rp89,7 miliar

GISTET 500 kV Priok IBT#1, dengan kapasitas trafo 500 MVA beroperasi Mei 2018 dengab nilai proyek Rp502,7 milyar. GI 150 kV Serang Trafo 6, dengan kapasitas trafo 1x60 MVA, beroperasi pada Maret 2018 dengan nlai proyek Rp19,8 milyar.

Kemudian, SKTT 150 kV Bintaro-Bintaro II dengan panjang 4,683 KM sirkit menggunakan kabel ukuran 1x1000 mm2, 1 sirkit, beroperasi pada April 2018 dengan nilai kontrak Rp182,9 milyar. Dan SKTT 150 kV Semanggi Timur-Mampang, dengan panjang 4,096 km sirkit, menggunakan kabel ukuran 1x1000 mm2, 2 sirkit, mulai beroperasi pada Januari 2018 dengan nilai proyek Rp109, milyar.

Dibagian lain, PLN UIP ISJ juga berhasil menyelesaikan tiga pekerjaan pembangunan. Sedangkan TJBB, berhasil melakukan pekerjaan pemeliharaan infrastruktur ketenenagalistrikan sebanyak 12 proyek. (RL/HF) 

  • Tentang Penulis

    Rido Lingga, S.Kom

    Jurnalis Radio Republik Indonesia | RRI Jakarta | email: lin99a@gmail.com

  • Tentang Editor

    Heri Firmansyah

    Redaktur RRI-Online

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Hot Topic

   

Deja Vu Sukacita Real Madrid

KBRN, Jakarta: Gelar juara Liga Champions siap diberikan kepada Real Madrid setelah mengalahkan Liverpool di Kiev, Minggu (27/5/2018). Selengkapnya di rri.co.id.

43 Pembaca Baca Selengkapnya
00:00:00 / 00:00:00